Performa Kendaraan Konversi Listrik melalui Pengujian Dynotest

Authors

  • Fuad Zainuri Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Hidayat Tullah Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta
  • Isnanda Nuriskasari Politeknik Negeri Jakarta
  • Rahmat Subarkah Politeknik Negeri Jakarta
  • Widiyatmoko Widiyatmoko Politeknik Negeri Jakarta
  • Sonki Prasetya Politeknik Negeri Jakarta
  • Iwan Susanto Politeknik Negeri Jakarta
  • Belyamin Belyamin Politeknik Negeri Jakarta
  • Abdul Azis Abdillah Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/jmt.v3i2.4621

Keywords:

Kendaraan Listrik, Dynotest, Torsi, Akselerasi

Abstract

Pada penelitian ini dipaparkan tentang konversi yang dilakukan dengan mengubah kendaraan konvensional berbahan bakar bensin dengan listrik. Penggantian dilakukan dengan melepas Engine penggerak dan menggantikannya dengan motor penggerak yang secara otomatis ditambahkan dengan Baterai sebagai sumber energi. Selanjutnya dari hasil konversi tersebut dilakukan pengujian torsi dan rpm melalui Dynotest yaitu suatu metode pengujian performa mesin kendaraan (motor listrik) dengan cara melihat tenaga (power) dan torsi (torque). Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan atau memindahkan kendaraan listrik dari kondisi diam hingga berjalan dan ketika berjalanpun ada variasi antara kecepatan dengan perubahan gigi yang dilakukan . Selain itu juga dengan Dynotest akan diketahui titik tertinggi nilai Torsi pada setiap gigi. Pada pengujian yang dilakukan didapatkan nilai perubahan gigi yang didapat dari gigi-1 kecepatan maks 20 km/jam, gigi-2 kecepatan maks 40 km/jam, gigi-3 kecepatan maks 60 km/jam dan gigi-4 kecepatan maks 80 km/jam. Pada kendaraan listrik ini pengukuran pada Ampere dan voltase dilakukan guna mengamati performa motor dan baterai sebagai komponen utama dan didapatkan nilai lonjakan pada setiap pergantian gigi.Lonjakan tersebut terjadi akibat dari kombinasi pijakan gas ,rem dan kopling yang bergantian guna mendapatkan nilai akselesari yang nyaman.

References

N. Susanto, R. Purwaningsih, and I. A. Baharullah, J. Tek. Ind., vol. 12, no. 3, (2017).

R. D. A. Sumarsono et al , EVS 2018 and International Electric Vehicle Technology Conference 2018, EVTeC 2018 (Kobe 2018).

D. A. Sumarsono. G Heryana, S Prasetya, M Adhitya, IOP Conf.Ser.Earth Env., vol. 105, no. 012041, (2018).

T. Shi, F. Zhao, H. Hao, and Z. Liu, Automot. Innov., vol. 1, no. 4, pp. 291–299, (2018), doi: 10.1007/s42154-018-0037-5.

J. Michaelis, T. Gnann, and A. L. Klingler, World Electr. Veh. J., vol. 9, no. 2, (2018), doi: 10.3390/wevj9020021.

R. Siregar, U. D. Persada, D. A. Sumarsono, and F. Zainuri, 15th Int. Conf. QIR, no. May, (2019).

M. Rozman et al, IEEE Access, vol. 7, pp. 112240–112248, (2019), doi: 10.1109/access.2019.2912931.

Published

2022-08-31

How to Cite

Zainuri, F., Tullah, M. H., Nuriskasari, I., Subarkah, R., Widiyatmoko, W., Prasetya, S., Susanto, I., Belyamin, B., & Abdillah, A. A. (2022). Performa Kendaraan Konversi Listrik melalui Pengujian Dynotest. Jurnal Mekanik Terapan, 3(2), 44–49. https://doi.org/10.32722/jmt.v3i2.4621

Most read articles by the same author(s)