Performa Kendaraan Konversi Listrik melalui Pengujian Dynotest
DOI:
https://doi.org/10.32722/jmt.v3i2.4621Keywords:
Kendaraan Listrik, Dynotest, Torsi, AkselerasiAbstract
Pada penelitian ini dipaparkan tentang konversi yang dilakukan dengan mengubah kendaraan konvensional berbahan bakar bensin dengan listrik. Penggantian dilakukan dengan melepas Engine penggerak dan menggantikannya dengan motor penggerak yang secara otomatis ditambahkan dengan Baterai sebagai sumber energi. Selanjutnya dari hasil konversi tersebut dilakukan pengujian torsi dan rpm melalui Dynotest yaitu suatu metode pengujian performa mesin kendaraan (motor listrik) dengan cara melihat tenaga (power) dan torsi (torque). Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan atau memindahkan kendaraan listrik dari kondisi diam hingga berjalan dan ketika berjalanpun ada variasi antara kecepatan dengan perubahan gigi yang dilakukan . Selain itu juga dengan Dynotest akan diketahui titik tertinggi nilai Torsi pada setiap gigi. Pada pengujian yang dilakukan didapatkan nilai perubahan gigi yang didapat dari gigi-1 kecepatan maks 20 km/jam, gigi-2 kecepatan maks 40 km/jam, gigi-3 kecepatan maks 60 km/jam dan gigi-4 kecepatan maks 80 km/jam. Pada kendaraan listrik ini pengukuran pada Ampere dan voltase dilakukan guna mengamati performa motor dan baterai sebagai komponen utama dan didapatkan nilai lonjakan pada setiap pergantian gigi.Lonjakan tersebut terjadi akibat dari kombinasi pijakan gas ,rem dan kopling yang bergantian guna mendapatkan nilai akselesari yang nyaman.
References
N. Susanto, R. Purwaningsih, and I. A. Baharullah, J. Tek. Ind., vol. 12, no. 3, (2017).
R. D. A. Sumarsono et al , EVS 2018 and International Electric Vehicle Technology Conference 2018, EVTeC 2018 (Kobe 2018).
D. A. Sumarsono. G Heryana, S Prasetya, M Adhitya, IOP Conf.Ser.Earth Env., vol. 105, no. 012041, (2018).
T. Shi, F. Zhao, H. Hao, and Z. Liu, Automot. Innov., vol. 1, no. 4, pp. 291–299, (2018), doi: 10.1007/s42154-018-0037-5.
J. Michaelis, T. Gnann, and A. L. Klingler, World Electr. Veh. J., vol. 9, no. 2, (2018), doi: 10.3390/wevj9020021.
R. Siregar, U. D. Persada, D. A. Sumarsono, and F. Zainuri, 15th Int. Conf. QIR, no. May, (2019).
M. Rozman et al, IEEE Access, vol. 7, pp. 112240–112248, (2019), doi: 10.1109/access.2019.2912931.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fuad Zainuri, Muhammad Hidayat Tullah, Isnanda Nuriskasari, Rahmat Subarkah, Widiyatmoko Jakarta, Sonki Prasetya, Iwan Susanto, Belyamin, Abdul Azis Abdillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
-
Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
-
BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.