Studi Eksperimental Pengaruh Penigkatan Rasio Kompresi Terhadap Torsi Mesin Otto 4 langkah Satu Silinder Dengan Bahan Bakar Bioetanol 85% (E85)

Authors

  • Yuli Mafendro Dedet Eka Saputra Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta
  • Muhammad Hidayat Tullah

DOI:

https://doi.org/10.32722/jmt.v2i1.3584

Abstract

Penggantian jenis bahan bakar dari bahan bakar fosil (gasoline) ke bahan bakar alternative membutuhkan perubahan pada beberapa parameter mesin dan memodifikasnya untuk meminimalkan penuruantorsi pada mesin. Penggunaan Bioetanol 85% (E85) membutuhkan perubahan pada beberapa parameter mesin salah satunya adalah rasio kompresi. Penelitian ini bertujuan untuk nengetahui pengaruh peningkatan ratio kompresi terhadap torsi mesin otto 4 langkah dengan menggunakan bahan bakar E85. penigkatan ratio kompresi adalah dari 11 :1 (standar)ke 12 :. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dengan menaikan ratio kompresi dari ratio kompresi standar (11 :1) ke 12:1 dengan menggunakan bahan bakar E85 dapat meningkatkan torsi sebesar 1,08% pada putaran mesin 7000 RPM jika dibandingkan dengan pengunaan bahan bakar fosil (Gasoline) .

References

Agarwal AK. “Biofuels (alcohols and biodiesel) applications as fuels for internalcombustion engines”. Prog Energy Combust 2007;33:233–71.

Kim S, Dale BE. “Environmental aspects of ethanol derived from no-tilled corngrain: nonrenewable energy consumption and greenhouse gas”. Biomass Bioenergy 2005;28:475–89.

Koç M, Sekmen Y, Topgül T, Yücesu HS. “The Effects of ethanol–unleaded gasoline blends on engine performance and exhaust emissions in a sparkignition engine”. Renew Energy 2009;34:2101–6.

Jeuland N, Montagne X, Gautrot X. “Potentiality of ethanol as a fuel for dedicated engine oil & gas science and technology” – rev. IFP 2004;59(6):559–70.

Lanzer T, “Von Meien OF, Yamamoto CI. A predictive thermodynamic model for the Brazilian gasoline.” Fuel 2005;84:1099–104.

Costa RC, Sodre JR. “Compression ratio effects on an ethanol/gasoline fuelled engine performance”. Appl Therm Eng 2011;31:278–83.

Al-Hasan M. “Effect of ethanol-unleaded gasoline blends on engine performanceand exhaust emission”. Energy Convers Manage 2003;44:1547–61.

Sudarmanta et All, “Influence of the Compression Ratio and Ignition Timing On Sinjay Engine Performance With E50,” Journal of Engineering and Applied Sciences, 2016, pp. 2768-2784

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Eka Saputra, Y. M. D., & Tullah, M. H. (2021). Studi Eksperimental Pengaruh Penigkatan Rasio Kompresi Terhadap Torsi Mesin Otto 4 langkah Satu Silinder Dengan Bahan Bakar Bioetanol 85% (E85). Jurnal Mekanik Terapan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.32722/jmt.v2i1.3584

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)