Ruang Lingkup dan Fokus

Jurnal Mekanik Terapan (JMT) adalah jurnal ilmiah yang terbit secara berkala dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Jurnal ini dapat digunakan sebagai sumber informasi ilmiah untuk peneliti, akademisi atau lembaga penelitian, insinyur industri, dan lembaga pemerintah. JMT memuat informasi bidang riset Mekanik Terapan berupa hasil riset dan Ulasan Ilmiah pada bidang:

  • Teknik Mesin dan Manufaktur
  • Energi (Konversi Energi, Renewable Energy, Applied Chemistry in Energy)
  • Mekatronika dan Robotika
  • Otomotif (Alat Berat dan Kendaraan Ringan)
  • Material dan Metalurgi
  • Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

 

Peer Review Process

Setiap artikel yang dikirimkan akan ditinjau menggunakan metode peer-review double blind oleh reviewer. Proses review meliputi kontribusi ilmiah, orisinalitas, metode penelitian, hasil penelitian, dan referensi.

 

 

Kebijakan Open Access

Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung ke seluruh isinya dengan prinsip kami ingin membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik demi mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Kebijakan Anti Plagiarisme

Definsi:

Plagiat adalah pengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat) sendiri (KBBI 2008). 

Jenis-jenis tindakan plagiarisme:

Berdasarkan Buku: Utorodewo, Felicia, dkk. 2007. "Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah". Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI. 

  • mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri,
  • mengakui gagasan orang lain sebagai pemikiran sendiri, mengakui temuan orang lain sebagai kepunyaan sendiri,
  • mengakui karya kelompok sebagai kepunyaan atau hasil sendiri,
  • menyajikan tulisan yang sama dalam kesempatan yang berbeda tanpa menyebutkan asal usulnya,
  • meringkas dan memparafrasekan (mengutip tak langsung) tanpa menyebutkan sumbernya, dan
  • meringkas dan memparafrasekan dengan menyebut sumbernya, tetapi rangkaian kalimat dan pilihan katanya masih terlalu sama dengan sumbernya.

Yang digolongkan sebagai plagiarisme:

  • menggunakan tulisan orang lain secara mentah, tanpa memberikan tanda jelas (misalnya dengan menggunakan tanda kutip atau blok alinea yang berbeda) bahwa teks tersebut diambil persis dari tulisan lain
  • mengambil gagasan orang lain tanpa memberikan anotasi yang cukup tentang sumbernya

Yang tidak tergolong plagiarisme:

  • menggunakan informasi yang berupa fakta umum.
  • menuliskan kembali (dengan mengubah kalimat atau parafrase) opini orang lain dengan memberikan sumber jelas.
  • mengutip secukupnya tulisan orang lain dengan memberikan tanda batas jelas bagian kutipan dan menuliskan sumbernya.

Kebijakan:

Seluruh artikel yang disubmit akan dicek menggunakan Turnitin untuk similaritas dan plagiarisme. Hanya artikel yang memiliki tingkat kesamaan paling banyak 15% yang akan diproses untuk peer-review. Jika tingkat kesamaan lebih dari 15% maka penulis diminta untuk memperbaiki artikel dalam waktu 14 hari. Jika setelah 14 hari penulis tidak memperbaiki dan/atau memperbaiki tetapi masih memiliki tingkat kesamaan yang di atas ambang batas 15% maka artikel tersebut akan ditolak.

Penulis harus bertanggung jawab terhadap keseluruhan material yang disajikan dalam makalah, baik berupa tulisan, gambar, ataupun tabel. Penulis harus memastikan bahwa seluruh tulisan, gambar, atau tabel yang digunakan dalam makalah telah dikutip sebagaimana mestinya dan bukan material-material yang memiliki copyright (hak cipta) yang harus ada izin tertentu dari pemilik aslinya sebelum dipergunakan. 

Jika pada tahap copyediting ditemukan material-material yang bermasalah terkait hak cipta, maka editor berhak untuk menghapus atau tidak menerbitkan artikel jika masalah terkait hak cipta ini belum diselesaikan. Jika dikemudian hari ternyata ditemukan bahwa ada artikel yang memiliki tingkat plagiarisme yang tinggi, maka artikel tersebut akan diturunkan dari list issue yang dipublikasikan dan seluruh penulis akan dilarang mengirimkan artikel ke Jurnal Mekanik Terapan selama dua tahun.

 

Biaya Publikasi

Jurnal Mekanik Terapan Tidak Memungut Biaya Pendaftaran dan Publikasi

Biaya Pendaftaran: GRATIS
Penulis tidak perlu membayar biaya apapun untuk melakukan pendaftaran dan submit artikel.

 

Biaya Publikasi: GRATIS
Jika artikel diterima, maka penulis tidak perlu membayar biaya apapun.

 

Lisensi

Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional  (CC BY-SA 4.0)

Anda diperbolehkan:

  • Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.

Berdasarkan ketentuan berikut:

  • Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.

  • BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
  • Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.

 

Copyright Notice

Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:

  1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional  (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.