Pengujian Hydraulic Cylinder Pada Simulator Arm Excavator

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rahmat Subarkah
Sintia Pramudita
Gun Gun Ramdlan Gunadi

Abstract

Fundamental hydraulic dan intermediate hydraulic mempunyai peran yang sangat penting dalam menunjang pengetahuan mahasiswa Teknik Alat Berat dimana sistem hydraulic berperan penting dalam pengoperasian alat berat, guna menunjang pengetahuan tersebut maka diperlukan alat peraga sebagai media pembelajaran yang berupa simulator karena dianggap lebih aman dan dapat menghemat biaya. Namun, simulator yang terdapat pada workshop Teknik Alat Berat dalam kondisi yang tidak berfungsi sehingga diperlukan perbaikan. Sedangkan masalah yang terdapat pada penelitian adalah tidak adanya spesifikasi standard yang dibuat sebelumnya. Setelah melakukan perbaikan maka akan dilakukan pengujian untuk menjadi acuan standar atau spesifikasi alat atau simulator tersebut, maka dari itu penulis melakukan pengujian yang berupa pengujian hydraulic cylinder pada simulator arm excavator, pengujian terbagi menjadi tiga variabel uji yaitu zero capacity, struck capacity, dan heaped capacity dengan objek beban menggunakan pasir hitam yang bertujuan untuk mengetahui kebocoran pada cylinder. Data hasil pengujian dapat dijadikan sebagai parameter atau acuan spesifikasi yang dapat digunakan pada simulator arm excavator.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Subarkah, R., Pramudita, S., & Gunadi, G. G. R. (2020). Pengujian Hydraulic Cylinder Pada Simulator Arm Excavator. Jurnal Mekanik Terapan, 1(2), 116–122. https://doi.org/10.32722/jmt.v1i2.3358

References

  1. Kamsar, M. Hasbi and A. Rachman, "Analisis Sistem Hidrolik Pengangkat Pada Alat Berat Jenis Wheel Loader Studi Kasus Dinas Pekerjaan Umum Kab. Bombana," Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Mesin, vol. 1, no. 1, p. 36, Mei 2016
  2. Caterpillar, Fundamental Hydraulic System, melbourne: Asia Pasific Learning, 2003, p. 14.
  3. K. Sumardi, W. Munawar and R. A. Noor, "Disain Simulator Automotive Air Conditioning Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa," Journal of Mechanical Engineering Education, vol. 1, no. 2, p. 304, Desember 2014.
  4. Caterpillar, Testing & Adjusting 320 And 320L Excavator Hydraulic And Electronic Systems (SENR5473-02), 1994, pp. 133-153.
  5. W. N. Cholifah, Yulianingsih and S. M. Sagita, "Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android Dengan Teknologi Phonegap," String, vol. 3, no. 2, p. 207, Desember 2018.
  6. Caterpillar, Testing & Adjusting 305E CR and 305.5E CR Mini Hydraulic Excavator Hydraulic System (UENR1585-02), 2016.
  7. A. A. Arianto, Perancangan Perlengkapan Kerja Backhoe Untuk Material Batubara, Yogyakarta, 2008.