KUALITAS BETON BERPORI DENGAN BAHAN TAMBAH SILICA FUME SEBAGAI BAHAN PERKERASAN KAKU YANG RAMAH LINGKUNGAN

Authors

  • Mazaya Btari Gina Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta, Depok – 16425
  • Amalia Amalia Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta, Depok – 16425

DOI:

https://doi.org/10.32722/pt.v18i1.1293

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh penggunaan silica fume terhadap kualitas beton berpori sebagai bahan perkerasan kaku. Kualitas beton segar yang diuji meliputi slump dan berat isi beton segar. Sedangkan, kualitas beton keras yang diuji meliputi berat isi beton keras, kuat tekan, kuat tarik belah, kuat tarik lentur, modulus elastisitas, tegangan regangan dan laju infiltrasi. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan membuat benda uji beton berpori sesuai dengan ACI 522R-10. Tiap Benda uji dibuat dengan faktor air semen sebesar 0,27. Variasi terdapat pada presentase silica fume pada campuran beton yaitu sebanyak 0%, 3%, 6%, dan 9% dari berat semen. Hasil penelitian menunjukan bahwa beton berpori dengan silica fume 9% menghasilkan nilai tertinggi pada hampir semua pengujian untuk beton segar dan keras, kecuali pada nilai regangan dan laju infiltrasi. Nilai regangan tertinggi terdapat pada beton berpori dengan silica fume 6% dan nilai laju infiltrasi tertinggi terdapat pada beton berpori dengan silica fume 0%. Pengaruh silica fume terhadap kualitas beton segar dan keras dianalisa dengan uji regresi linear. Hasil regresi linear menunjukan bahwa silica fume sangat berpengaruh pada kualitas beton segar dan keras. Berdasarkan RSNI T-14-2004, beton berpori dengan silica fume minimum 9% dinilai layak digunakan sebagai bahan perkerasan kaku dengan beban lalu lintas menengah atau berat.


Kata kunci: Beton Berpori, Silica Fume, Perkerasan Kaku


ABSTRACT


The purpose of this research is to analyze the effect of using silica fume on the quality of porous concrete as a rigid pavement material. The quality of fresh concrete tested includes slump and the unit weight. While, the quality of hardened concrete tested includes the unit weight, compressive strength, tensile strength, flexural strength, elastic modulus, strain – stress, and infiltration rate. The method used in this research is experimental method by making porous concrete specimens according to ACI 522R-10. Each specimen is made with a water/cement ratio of 0,27. Variations were made in silica fume presentations in concrete mixture that are 0%, 3%, 6%, and 9% of the weight of cement. The results showed that porous concrete with 9% silica fume produced the highest values in almost all tests for fresh and hardened concrete, except for the strain value and infiltration rate. The highest strain value was found in porous concrete with 6% silica fume and the highest infiltration rate was found in porous concrete with 0% silica fume. The effect of silica fume on the quality of fresh and hardened concrete was analyzed by linear regression test. Linear regression results showed that silica fume is very influential on the quality of fresh and hardened concrete. Based on RSNI T-14-2004, porous concrete with a minimum of 9% silica fume is considered suitable to use as rigid pavement material with medium or heavy traffic loads.


Keywords: Porous Concrete, Silica Fume, Rigid Pavement

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bante, K. S., Waghmmare, C. A., Madavi, C. S., Rahile, R. M., & Ansari, A. S. A. (2018, March). Partial Replacement of Cement by Flyash in Pervious Concrete. International Journal of Engineering and Technology, 416-419.

Amde, A., & Rogge, S. (2013). Development if High Quality Pervious Concrete Specifications For Maryland Conditions. Maryland: State Highway Administration.

Holland, T.C. (2005), Silica Fume User's Manual, Silica Fume Association, Free Highway Association, FHWA-IF-05-016, USA.

Tarru, R. O., Johan, & Bandaso, R. S. (2017). Studi penggunaan Silica Fume sebagai Bahan Pengisi (Filler) Pada Campuran Beton. Universitas Kristen Indonesia Toraja, Teknik Sipil, Toraja.

Chopda, S. M., & Chhattani, B. M. (2015, July - December ). Mechanical Properties of Pervious Concrete. International J. Technology, 5(2), 113-117. doi:10.5958/2231-3915.2015.00006.1

Petroudy, S. D. (2017). Physical and mechanical properties of natural fibers. In Advanced High Strength Natural Fibre Composites in Construction (pp. 59-83). Woodhead Publishing.

Neville, A., & Brooks, J. J. (2010). Concrete Technology (Vol. Second Edition). Harlow, United Kingdom: Pearson.

Standar Nasional Indonesia. (2004). RSNI -T-12-2004 (Perencanaan Struktur Beton Untuk Jembatan). Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Litbang Teknik Bidang Prasarana Transportasi. (2003). Pd T-14-2003 : Perencanaan perkerasan jalan beton semen. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah.

Ramadlon, M. M., & Hariyanto, T. (2014, Agustus). Analisa Perbandingan Curah Hujan Berdasarkan Data Citra NOAA AVHR dengan Data Curah Hujan di Lapangan. GEOID, 10, 1-7.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. (2010). Kondisi Cuaca Ekstrem dan Ilkim Tahun 2010 - 2011. [PowerPoint Slides]

Published

2019-02-06

How to Cite

Gina, M. B., & Amalia, A. (2019). KUALITAS BETON BERPORI DENGAN BAHAN TAMBAH SILICA FUME SEBAGAI BAHAN PERKERASAN KAKU YANG RAMAH LINGKUNGAN. Jurnal Poli-Teknologi, 18(1). https://doi.org/10.32722/pt.v18i1.1293

Issue

Section

Articles