Prototipe Motorized Pointing Antenna Very Small Aperture Terminal (VSAT) Geostasioner Menggunakan Arduino Mega 2560 Sebagai Main Control Unit

Authors

  • Antonius Darma Setiawan Universitas Global Jakarta
  • Uswatun Hasanah Universitas Global Jakarta
  • Ariep Jaenul Universitas Global Jakarta
  • Sidik Mulyono Universitas Global Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/spektral.v4i2.6648

Abstract

Very Small Aperture Terminal (VSAT) merupakan salah satu jenis teknologi telekomunikasi yang menggunakan satelit sebagai media transmisi nya. VSAT berperan sebagai transceiver gelombang radio dengan menggunakan antenna berbentuk parabola. VSAT dapat membangun jaringan komunikasi secara global dan tersentralisasi dalam waktu cepat hanya dengan memiliki kelistrikan yang stabil dan ruang terbuka yang terbatas. Sebagai upaya pengembangan VSAT, salah satu inovasi yang dibuat adalah menjadikan proses pointing VSAT menjadi motorized dengan mengintegrasikan mikrokontroller untuk kontrol. Dengan menggunakan metode research and development, penulis melakukan riset pada penelitian terdahulu dan mengembangkan gap yang ada dengan penyesuaian terhadap kebutuhan di lapangan. Salah satu tujuan prototipe ini dibuat adalah dengan tujuan dapat diimplementasikan secara universal pada seluruh perangkat VSAT GEO dengan hanya memerlukan penyesuaian mekanikal, bukan pada program yang dibuat. Pada penelitian ini, Arduino Mega 2560 berperan sebagai main control unit yang diintegrasikan dengan beberapa sensor pendukung utama yaitu GPS NEO6MV2, compass HMC5883L, dan accelerometer MPU6050. Hasil dari penelitian ini adalah sensor GPS dapat melakukan deteksi lokasi dengan akurat serta HMC5883L dan MPU6050 dapat digunakan sebagai deteksi azimuth dan elevasi. Kesimpulannya prototipe ini sudah sesuai dengan hakikat proses pointing VSAT dan dapat diuji langsung pada perangkat VSAT GEO dengan penyesuaian mekanikal.

Downloads

Published

30-10-2023

How to Cite

[1]
A. D. . Setiawan, U. Hasanah, A. . Jaenul, and S. . Mulyono, “Prototipe Motorized Pointing Antenna Very Small Aperture Terminal (VSAT) Geostasioner Menggunakan Arduino Mega 2560 Sebagai Main Control Unit ”, Spektral, vol. 4, no. 2, pp. 213–220, Oct. 2023.