Peer Review Process

Setiap artikel yang dikirimkan akan ditinjau menggunakan metode peer-review double blind oleh reviewer.

Penerimaan artikel tergantung pada kesesuaiannya dengan tujuan Jurnal Spektral. Proses review meliputi kontribusi ilmiah, orisinalitas, metode penelitian, hasil penelitian, dan referensi. Saran dari reviewer (dan editor) akan disampaikan kepada penulis dan kemudian dapat memiliki kesempatan untuk merevisi artikel tersebut hingga layak terbit.

Publication Frequency

Jurnal spektral diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu April dan Oktober

Open Access Policy

Jurnal ini memberikan akses secara terbuka, langsung ke seluruh isinya dengan prinsip kami ingin membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik dalam rangka mendukung pertukaran pengetahuan secara global.

Plagiarism Policy

Penulis harus bertanggung jawab terhadap keseluruhan material yang disajikan dalam makalah, baik berupa tulisan, gambar, ataupun tabel. Penulis harus memastikan bahwa seluruh tulisan, gambar, atau tabel yang digunakan dalam makalah telah dikutip sebagaimana mestinya dan bukan material-material yang memiliki copyright (hak cipta) yang harus ada izin tertentu dari pemilik aslinya sebelum dipergunakan. 

Seluruh artikel yang disubmit akan dicek menggunakan Turnitin untuk similaritas dan plagiarisme. Dewan Editorial Spektral akan menetapkan penalti untuk artikel teridentifikasi plagiarisme mayor dan akan memberi kesempatan pada  penulis untuk memperbaiki artikel yang teridentifikasi plagiarisme minor dengan waktu yang ditentukan. 

Journal History

SPEKTRAL adalah jurnal yang diterbitkan oleh program studi Broadband Multimedia dan Teknik Telekomunikasi untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dalam bidang sistem dan jaringan komunikasi, antena dan propagasi, pemrosesan sinyal, IoT, elektromagnetika. Jurnal ini diterbitkan pada tahun 2020 yang didukung oleh program studi Broadband Multimedia dan Teknik Telekomunikasi, pada jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Jakarta

Biaya Publikasi

Jurnal SPEKTRAL Tidak Memungut Biaya Pendaftaran dan Publikasi

Biaya Pendaftaran dan Publikasi: GRATIS