PERBANDINGAN PERENCANAAN PERKERASAN KAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE Pd-T-14-2003 DAN AASHTO 93 PADA JALAN KARTINI DEPOK

Authors

  • Achmad Nadjam Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta
  • Vindi Prana Prasetya Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta
  • Galih Hardika Trisetia Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/pt.v16i1.874

Abstract

ABSTRACT

Planning rigid pavement in Indonesia known as Method 1993 and Pd AASHTO T-14-2003. Researchers want to compare the two methods above with the object of research on Jalan Raya Kartini kecamatam Pancoran Mas, Depok. Issues raised is how thick rigid pavement in accordance with the existing conditions and parameters of any parameters that influence the design of rigid pavement thickness. The method used is to calculate rigid pavement thickness with both the above method that begins with the collection of primary data (LHR) and secondary data (CBR, the existing pavement thickness = 20 cm and LHR previous year). Results of analysis of traffic on the roads Kartini planning ESAL 20 years amounted to 14,386,583. Pavement thickness obtained from methods of AASHTO 1993 by 22.5 cm, while the pavement thickness obtained from methods Pd T-14-2003 18.8 cm.Output existing research suggests that thick is safe to use during the life of the plan (20 years), the existing thick because thicker than one of the methods used. Although there are several different parameters, this is because those parameters are adjusted each - each country where such methods are created. But both methods are equally based on the ability of concrete to resist bending loads.

Keywords: AASHTO 1993, Pd T-14-2003, ESAL, LHR

ABSTRAK

Perencanaan perkerasan kaku di Indonesia dikenal dengan Metode AASHTO 1993 dan Pd T-14-2003. Peneliti ingin membandingkan kedua metode diatas dengan obyek penelitian di ruas Jalan Raya Kartini kecamatam Pancoran Mas Depok. Permasalahan yang dikemukakan adalah berapa tebal perkerasan kaku yang sesuai dengan kondisi eksisting tersebut dan parameter parameter apa saja yang berpengaruh terhadap disain tebal perkerasan kaku. Metode yang digunakan adalah menghitung tebal perkerasan kaku dengan kedua metode diatas yang diawali dengan pengumpulan data primer ( LHR) dan data sekunder (CBR, tebal perkerasan eksisting = 20 cm dan LHR tahun sebelumnya). Hasil analisa traffic ruas jalan Kartini pada perencanaan 20 tahun sebesar 14.386.583 ESAL. Tebal perkerasan yang didapat dari metode AASHTO 1993 sebesar 22,5 cm, sedangkan tebal perkerasan yang didapat dari metode Pd T-14-2003 sebesar 18,8 cm.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tebal eksisting tersebut aman digunakan selama umur rencananya (20 tahun), dikarenakan tebal eksisting tersebut lebih tebal dari salah satu metode yang digunakan. Meskipun ada beberapa parameter yang berbeda, hal ini dikarenakan parameter-parameter tersebut disesuaikan masing – masing negara dimana metode tersebut diciptakan. Tetapi kedua metode ini sama-sama didasarkan pada kemampuan beton dalam menahan beban lentur.


Kata kunci : AASHTO 1993, Pd T-14-2003, ESAL, LHR

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-03-16

How to Cite

Nadjam, A., Prasetya, V. P., & Trisetia, G. H. (2017). PERBANDINGAN PERENCANAAN PERKERASAN KAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE Pd-T-14-2003 DAN AASHTO 93 PADA JALAN KARTINI DEPOK. Jurnal Poli-Teknologi, 16(1). https://doi.org/10.32722/pt.v16i1.874

Issue

Section

Articles