OPTIMALISASI RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK SEBUAH STUDI KENDARAAN HEMAT ENERGI SEBAGAI BAGIAN SOLUSI ALTERNATIF KRISIS ENERGI DUNIA

Authors

  • Fuad Zainuri Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta, Jl. Prof G E Siwabesi Kampus Baru UI Depok, 16425
  • Asep Apriana Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta, Jl. Prof G E Siwabesi Kampus Baru UI Depok, 16425
  • Dedi Dwi Haryadi Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta, Jl. Prof G E Siwabesi Kampus Baru UI Depok, 16425

DOI:

https://doi.org/10.32722/pt.v14i3.765

Abstract

ABSTRACT Electric vehicles are one solution to the pollution problem Because the power source of electric vehicle battery or batteries are often called, that vehicles are environmentally friendly or you could say "zero emission". This can reduce CO2 levels and the like in the air as the chemical that causes global warming. UN and developed countries are doing the development of this vehicle, with the hope of the future is not there Electric car drive system consists of the energy system, and system control. Energy system consists of charging systems and energy storage. Control system using a switch divider associated with springs and brake pedal, in which the system is functioning as a controller and a safety that can break the power system when the driver slammed on the brakes. This four-wheeled car and driven with a DC dynamo is sourced from the battery. Vehicle transmission system uses sprockets - chains. Sprocket mounted on the connecting shaft and rear axle sprocket keyway is used (the peg) and then attach the rear axle in the wheel 2 pieces. 2 pieces mounted directly onto the front wheel steering system. At the rear axle in pairs 1 piece motorcycle disc brakes. 12 volt battery with 100 ampere specification as much as 2 pieces in pairs in parallel, will produce about 2400 watts of power. Resources will be channeled to the dynamo in DC (36 volt, 2.7 HP, 2880 rpm). The working principle is based on the direction of motor current carrying conductor placed in a magnetic field then the conductor will experience a force. Keywords: zero emission, dynamo, magnetic field ABSTRAK Kendaraan listrik adalah salah satu jalan keluar atas masalah polusi tersebut. Karena kendaraan listrik sumber tenaganya dari baterai atau sering disebut aki, sehingga kendaraan ini sangat ramah lingkungan atau bisa dibilang “zero emission”. Hal ini dapat mengurangi kadar CO2 dan sejenisnya di udara sebagai bahan kimia yang menyebabkan global warming. PBB dan Negara maju sedang melakukan pengembangan kendaraan ini, dengan harapan di masa depan sudah tidak ada Sistem penggerak mobil listrik terdiri dari sistem energi,dan sistem kendali. Sistem energi ini terdiri dari sistem charging dan tempat penyimpanan energi. Sistem kendali menggunakan saklar pembatas yang berhubungan dengan pedal pegas dan rem, di mana sistem ini berfungsi sebagai pengendali dan pengaman yang dapat memutus sistem daya pada saat pengemudi menginjak pedal rem. Mobil ini beroda 4 dan digerakan dengan dynamo DC yang bersumber dari aki. System transmisi vehicle ini menggunakan sprocket – rantai. Sprocket dipasang di poros belakang penghubung poros dan sprocket digunakan keyway (pasak) kemudian poros belakang di pasangkan 2 buah roda. 2 buah roda depan dipasang langsung ke system steering. Pada poros belakang di pasang 1 buah rem cakram motor. Aki dengan spefikasi 12 volt 100 ampere sebanyak 2 buah di pasang secara parallel, akan menghasilkan daya sekitar 2400 watt. Daya tersebut akan di salurkan ke dynamo DC (36 volt, 2,7 HP, 2880 rpm). Prinsip kerja motor searah berdasarkan pada penghantar yang membawa arus ditempatkan dalam suatu medan magnet maka penghantar tersebut akan mengalami gaya. Kata kunci : zero emission, dynamo, medan magnet

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-03-24

How to Cite

Zainuri, F., Apriana, A., & Haryadi, D. D. (2016). OPTIMALISASI RANCANG BANGUN MOBIL LISTRIK SEBUAH STUDI KENDARAAN HEMAT ENERGI SEBAGAI BAGIAN SOLUSI ALTERNATIF KRISIS ENERGI DUNIA. Jurnal Poli-Teknologi, 14(3). https://doi.org/10.32722/pt.v14i3.765

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)