ANALISIS SFC PADA BANDAR UDARA SULTAN SYARIEF KASIM II PEKANBARU

Authors

  • Roselina Rahmawati Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta, Jl. Prof. Dr. G.A Siwabessy, Kampus Baru UI Depok
  • Harmein Rahman Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesa no 10, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32722/pt.v14i1.736

Abstract

Abstract This study about aviation safety of the air side infrastructure. Accident often occur on the runway. According to data from the year 2007 – 2012, KNKT states that airports are the most accidents on the runway is Sultan Syarief Kasim II, Pekanbaru. This study aimed at improving aviation safety on runway. The analysis is done by analyzing the surface roughness of the runway which is expressed the SFC (Side Friction Coeffisien) value every grid. The SFC value cannot be generated from the average MU Meter test as it won’t risk any accidents on runway. The result showed that Sultan Syarief Kasim II airport, in Pekanbaru has different distribution of SFC value at each location and has risk in causing fatal accidents on airplanes at all locations(the value of SFC is under 0.55). Keywords: aviation safety, runway, SFC Abstrak Penelitian ini mengenai keselamatan penerbangan dari infrastruktur sisi udara Kecelakaan pesawat sering terjadi pada landas pacu. Menurut data KNKT tahun 2007 – 2012 menyatakan bahwa Bandar udara yang paling banyak terjadi kecelakaan di landas pacu yaitu Bandar Udara Sultan Syarief Kasim II, Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam rangka meningkatkan keselamatan penerbangan di landas pacu. Analisis yang dilakukan dengan cara menganalisis kekesatan permukaan landas pacu yang dinyatakan dalam nilai SFC (Side Friction Coeffisien) pada setiap gridnya. Nilai SFC tidak bisa di ambil dari nilai rata – rata keseluruhan nilai yang diperoleh karena jika diambil nilai rata – rata tersebut nilai tersebut tidak sebagai penyebab tergelincirnya pesawat pada landas pacu. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa kondisi landas pacu Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru memiliki sebaran nilai SFC yang berbeda pada setiap lokasinya dan hampir di semua lokasi memiliki kecenderungan untuk mengalami kecelakaan dengan resiko fatal (nilai SFC dibawah 0.55). Kata kunci : Keselamatan penerbangan, landas pacu, runway, SFC

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-01-27

How to Cite

Rahmawati, R., & Rahman, H. (2016). ANALISIS SFC PADA BANDAR UDARA SULTAN SYARIEF KASIM II PEKANBARU. Jurnal Poli-Teknologi, 14(1). https://doi.org/10.32722/pt.v14i1.736

Issue

Section

Articles