Rancang Bangun Sistem Manajemen Ban Berbasis Web Pada Heavy Equipment Maintenance Departemen Quarry

Authors

  • Ibnu Hakim Politeknik Negeri Jakarta
  • Sonki Prasetya Politeknik Negeri Jakarta
  • Aris Hendratmoko PT Solusi Bangun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32722/jmt.v2i2.4425

Keywords:

ban, sistem manajemen ban, laravel, UML, laragon, aplikasi web

Abstract

Ban adalah salah satu komponen penting dalam pertambangan khususnya alat angkut/alat berat pada PT SBI. Guna memenuhi tuntutan produksi diperlukan jam kerja yang tinggi dari alat angkut, menyebabkan kinerja dari ban semakin berat dan berisiko untuk mengalami kerusakan. Kondisi yang terjadi saat ini dari tidak langsung terdatanya penggantian ban serta kurang efisien karena diperlukan dua tahapan dan dilakukan oleh orang yang berbeda dalam melakukan inspeksi harian dan bulanan sehingga memerlukan waktu lebih. Hal tersebut dapat menyebabkan peramalan menjadi tidak maksimal, akibatnya terjadi downtime karena menunggu part ban. Oleh karena itu solusi diberikan dengan membuat aplikasi sistem manajemen ban berbasis web yang dapat mempermudah memasukkan dan memonitoring data ban menggunakan database online. Diharapkan dengan digitalisasi ini dapat menciptakan efisiesi waktu dan efektif serta dengan jangkauan kerja yang luas. Proses ini akan dilakukan menggunakan aplikasi web yang telah dirancang menggunakan metode perancangan dengan UML, Laragon, dan pengembangan aplikasi menggunakan framework Laravel. Dengan aplikasi ini pekerjaan pendataan dan monitoring menjadi lebih cepat sebesar 99,4%, terjadinya paperless, lokasi akses yang luas, dan dapat mencegah risiko lost cost akibat downtime, Serta didapatkan hasil implementasi aplikasi beserta semua fiturnya yang sesuai harapan dengan hasil kuesioner adalah 80-100% atau sangat setuju dengan pertanyaan yang diajukan pada responden.

References

P. W. Beton. "Apa Bedanya Crushing Plant dan Quarry?" PT Wijaya Karya Beton Tbk. https://www.wika-beton.co.id/artikel-det/Apa-Bedanya-Crushing-Plant-dan-Quarry86/ind (accessed 13 April, 2021).

P. (Eprocurement). "Jenis Alat Berat." Pengadaan.web.id. https://www.pengadaan.web.id/2020/02/alat-berat.html (accessed 13 April, 2021).

Anshori, Muhammad Ramadhan, Mursadin, Aqli Siswanto, and Rudi, "ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KERUSAKAN BAN PADA UNIT DUMP TRUCK DI PT X," Scientific Journal of Mechanical Engineering Kinematika, vol. 3, no. 2, pp. 107-118, 2018.

P. L. H. Wijaya. "Tyre Management System." PT Linta Hanta Wijaya. http://lindahantawijaya.co.id/id/tms (accessed 15 April, 2021).

Ainova Ellis Sagita, Sonki Prasetya, and A. E. Wahyono, "Pembuatan Critical Spare Part List Untuk Meningkatkan Kinerja Sistem Di Area Raw Mill Tuban 2," Prosiding Seminar Nasional Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta, pp. 1328-1334, 2019.

Riadi and Muchlisin, "Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Peramalan (Forecasting)," ed, 2017.

B. K. Banjarmasin. "Pengertian Perencanaan, Tujuan Perencanaan, Prinsip Perencanaan, Filosofi Perencanaan Program." BARENLITBANGDA Kota Banjarmasin https://renlitbang.banjarmasinkota.go.id/2011/05/pengertian-perencanaan-tujuan.html (accessed 15 April, 2021).

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Hakim, I., Prasetya, S., & Hendratmoko, A. (2021). Rancang Bangun Sistem Manajemen Ban Berbasis Web Pada Heavy Equipment Maintenance Departemen Quarry. Jurnal Mekanik Terapan, 2(2), 97–107. https://doi.org/10.32722/jmt.v2i2.4425

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 

You may also start an advanced similarity search for this article.