Sistem Kelistrikan Pada Prototipe Mobil Listrik SULA Evolution
DOI:
https://doi.org/10.32722/jmt.v2i1.3625Keywords:
Mobil Listrik, Sula Evolution, Wiring Diagram.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem kelistrikan prototipe mobil listrik Sula Evolution. Metode pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi kegiatan selama proses penelitian berlangsung. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1)Pengujian sistem kelistrikan mobil listrik sula evolution yang menggunakan dua buah motor listrik BLDC dengan masing-masing spesifikasi 800 watt menunjukkan bahwa kapasitas baterai sebesar 48 volt dan 220 Ah dapat memutarkan kedua motor listrik; (2)Pengujian Rotasi Putaran Mesin (RPM) yaitu motor listrik BLDC kanan dan kiri menghasilkan Rotasi Putran Mesin (RPM) yang berbeda pada putaran searah ataupun berlawanan arah. Hasil pengujian efisiensi baterai menunjukkan efisiensi yang relatif berubah tergantung pada jarak lintasan dan kondisi jalan.
References
A. Efendi, dan M. Fahmi, "Electric Systems In Sula Electric Cars In Sula Electric Cars Subang State Polytechnic". Journal Of Mechanical Engineering Education, vol. 5, no.1, pp 47-58. 2020
F. Fatkhurrozak. “Instalasi Wiring Controller Mobil Listrik TUXUCI Nozzle”. no. 1, pp 2031-6957. 2016
S. Hidayat. ”Sintesis Polianilin dan Karakteristik Kinerjanya sebagai Anoda pada Sistem Baterai Asam Sulfat”. Material dan Energi Indonesia. Vol. 06., no.01, pp 20-26. 2016
A. Khumaedi. “Otomatisasi Pengereman Motor DC Secara Elektris Sebagai Referensi Sistem Keamanan Mobil Listrik”.Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro,vol. 8, pp 20- 30, 2014
F.S. Kamajaya dan M.M. Ulya, ”Analisis teknologi charger untuk kendaraan Listrik – Review”. Jurnal Rekayasa Mesin , vol.6, pp 163-166. 2015
P.A.Wailanduw. ”Rancang Bangun Sistem Kelistrikan Body pada Mobil Listrik Garuda UNESA”, Jurnal Rekayasa Mesin, vol 1. no 1, pp 34-37. 2013
M. Udin, B.S. Kaloko, dan T. Hardianto “Peramalan Kapasitas Baterai Lead Acid pada Mobil Listrik Berbasis Levenberg Marquardt Neural Network”. Jurnal berkala sainstek, vol 02, pp 112-117. 2017
I. K. Wijaya. “Penggunaan dan Pemilihan Pengaman Mini Circuit Breaker (MCB) Secara Tepat Menyebakan bangunan Lebih Aman Dari Kebakaran Akibat Listrik”. Jurnal Teknologi Elektro, vol 6, no 2. 2007
T.H. Waluyo. “Simulasi Peningkatan Efisiensi Penggunaan Daya pada Sistem Mobil Listrik Berpenggerak Motor DC”, Skripsi Universitas Negeri Surakarta, 2011
A. Zuhfrianto. “Rancang Bangun Throttle Control pada Motor Penggerak dan Rancang Bangun Throttle Control pada Motor Penggerak”. Jurnal Rekayasa Mesin, vol 1, no 1. Pp 63-68. 2013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Mekanik Terapan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
-
Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
-
BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.