Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • Penulis membuktikan bahwa naskah atau bagian dari naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya dan penulis belum melepaskan hak penerbitan naskahnya kepada pihak ketiga. Penulis juga menyatakan bahwa naskah yang dibuat merupakan asli hasil karya penulis. Untuk itu penulis perlu menandatangani formulir pernyataan Orisinalitas.
  • Penulis telah memeriksa bahwa naskah sudah sepenuhnya sesuai dengan pedoman penulisan (template penulisan) yang ditetapkan jurnal ACCOUNT.
  • Naskah yang dikirimkan harus sesuai dengan focus dan ruang lingkup utama jurnal ACCOUNT.
  • Abstrak terdiri dari maksimal berjumlah 100-200 kata dan kata kunci mencakup maksimal lima kata yang relevan dan mencerminkan isi naskah.
  • Format sitasi dan referensi mengikuti APA citation style.

DESKRIPSI JURNAL

ACCOUNT Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Perbankan (ACCOUNT) merupakan jurnal peer-review yang terbit dua kali setahun (Juni dan Desember) oleh Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta. Jurnal ACCOUNT ditujukan sebagai jurnal pendidikan tinggi yang menerbitkan artikel penelitian terapan dimana berkontribusi pada pengembangan inovasi dan praktek di bidang akuntansi, keuangan, dan perbankan.

Kriteria utama publikasi jurnal ACCOUNT adalah ditekankan pada kontribusi penulis baik berupa gagasan, strategi, atau solusi praktis yang disajikan di dalam naskah secara akurat dan teliti. Keputusan penerimaan naskah didasarkan oleh proses review independent yang memberi evaluasi secara konstruktif pada naskah yang dikirimkan.

 

Audience

Audiens utama jurnal ACCOUNT, tetapi tidak eksklusif, adalah akademisi, mahasiswa sarjana/ pascasarjana, praktisi bisnis, asosiasi profesi, dan orang lain yang tertarik dengan penelitian terapan bidang Akuntansi, Keuangan, dan Perbankan.

 

Policy on Data Availability

Jurnal ACCOUNT memiliki tujuan untuk menyebarluaskan pengetahuan seluas mungkin berdasarkan pemikiran ilmiah dan sistematis tentang Akuntansi, Keuangan, dan Perbankan. Oleh karena itu, jurnal ACCOUNT mendorong penulis untuk memaparkan secara detail data yang digunakan agar memberi peluang bagi para pembaca untuk memperluas atau mereplikasi penelitian yang dilaporkan di artikel mereka. Penulis harus menginformasikan status ketersediaan data dan jika dibutuhkan bagaimana data tersebut diperoleh.

 

Reproduction Policy

Kecuali dinyatakan dalam artikel, hak cipta artikel yang diterbitkan jurnal ACCOUNT telah dialihkan kepada ACCOUNT Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta. Apabila pihak tertentu ingin menggunakan baik seluruh atau sebagian dari artikel-artikel yang dimilik jurnal ACCOUNT, mereka harus mengajukan izin secara tertulis untuk mereproduksi isi jurnal ke Pimpinan Redaksi ACCOUNT. Misalnya: artikel jurnal ACCOUNT dimasukkan ke dalam buku bacaan atau publikasi lainnya untuk didistribusikan secara umum. Jika penulis tidak mengalihkan hak cipta ke ACCOUNT Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta, pemohon harus meminta izin penulis bersangkutan secara tertulis tentang tujuan penggunaan naskahnya.

 

Author Fee

Jurnal ACCOUNT tidak memungut biaya apapun kepada penulis, baik untuk biaya pengiriman atau biaya publikasi. Setelah terbitan dipublikasikan, penulis akan mendapat satu salinannya melalui email dan atau pos.

 

Submission Policy

Penulis menyerahkan naskah dalam format word ke redaksi jurnal ACCOUNT dengan cara online melalui http://jurnal.pnj.ac.id/index.php/acc atau melalui account@akuntansi.pnj.ac.id. Semua naskah harus disusun sesuai pedoman penulisan jurnal ACCOUNT dengan menyertakan formulir pernyataan Orisinalitas.

Setelah naskah diserahkan, penulis akan menerima konfirmasi penyerahan naskah. Jika formulir pernyataan Orisinalitas belum diisi dan ditandatangani, tim editor belum dapat memproses naskah tersebut.

 

PROSES PEER REVIEW  & KEPUTUSAN EDITOR

Seluruh naskah yang masuk ke redaksi jurnal ACCOUNT dibaca oleh tim editor. Melalui tahap desk review, naskah yang dievaluasi tidak sesuai dengan kriteria jurnal ACCOUNT jurnal ditolak tanpa ditinjau oleh reviewer. Naskah yang lolos desk review akan dilanjutkan ke tahap double blind review. Editor membuat keputusan berdasarkan rekomendasi reviewer dengan beberapa kemungkinan: ditolak, membutuhkan revisi mayor (besar), membutuhkan revisi kecil (minor), atau diterima. Pemimpin redaksi jurnal ACCOUNT berhak memutuskan naskah mana yang harus diterbitkan.

Secara garis besar, proses review jurnal ACCOUNT adalah sebagai berikut:

  1. Penulis menyerahkan naskah
  2. Desk review
  3. Double blind review
  4. Keputusan Editor
  5. Konfirmasi ke penulis

 

PANDUAN TEKNIS PENULISAN

Naskah yang diserahkan merupakan naskah yang lengkap dan asli belum pernah diterbitkan atau sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain baik dalam versi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa lainnya. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang dilengkapi table dan atau gambar serta referensi dan lampiran. Saat naskah diterima untuk diterbitkan di jurnal ACCOUNT, penulis akan diminta melengkapi dan menandatangani Perjanjian Penerbitan Jurnal.

Naskah jurnal ACCOUNT mengikuti gaya penulisan APA style. Setiap naskah harus menyertakan daftar referensi yang merupakan seluruh karya (artikel, buku, dsb) yang dikutip di dalam naskah menggunakan Mendeley.

Format

Naskah harus diketik dalam A4 (210 mm x 297 mm) dengan font Times New Roman, 12pt, dan 1.5 spasi. Naskah disimpan dalam format Word. Seluruh halaman, termasuk table, gambar, lampiran, dan referensi, harus diberi nomor halaman. Penulis harus menggunakan template jurnal ACCOUNT. Format template dapat diunduh disini.

Kebahasaan

Naskah harus ditulis dalam Bahasa Indonesia akademis yang baik dan benar. Ejaan yang digunakan mengacu pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Untuk memastikan proses review berjalan secara anonym, penulis tidak boleh mengidentifikasi diri sendiri secara langsung ataupun tidak langsung dalam naskahnya sendiri. Seorang penulis tunggal tidak diperkenankan menggunakan kata “kami”. Pastikan naskah tidak memiliki kesalah lebih dari 25% indikator plagiarisme.

Panjang Artikel

Panjang naskah yang diperbolehkan adalah kebijaksanaan editor, yaitu antara 4000 – 7000 kata. Naskah yang kurang atau melebi jumlah kata yang ditentukan dapat dikembalikan ke penulis untuk direvisi sebelum naskah dipertimbangkan oleh tim editor. Jumlah kata tidak termasuk table, gambar, referensi, dan lampiran.

Judul Artikel

Judul artikel harus spesifik dan efektif, tidak lebih dari 20 kata, menggunakan bahasa yang sederhana dan lugas, serta menjelaskan sekilas tentang konten naskah.

Nama Penulis dan Afiliasi

Nama lengkap, afiliasi, dan alamat (alamat email, alamat pos, dan nomor telepon) masing-masing penulis dituliskan secara jelas. Jika lebih dari satu penulis yang berkontribusi pada penyusunan naskah tersebut, berikan informasi yang rinci peran masing-masing penulis. Informasi rinci tentang penulis dicantumkan pada halaman CV PENULIS (Formulir CV Penulis dapat diunduh disini).

Abstrak

Abstrak harus berdiri sendiri, tidak ada kutipan dalam abstrak. Abstrak disusun secara ringkas yang menginformasikan kepada pembaca tentang tujuan penelitian, metode, hasil temuan, serta menunjukkan kontribusi penelitian. Abstrak terdiri dari 100-200 kata yang disajikan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris di halaman terpisah sebelum teks naskah.

Kata Kunci/ Keyword

Kata kunci (keyword) merupakan bagian penting dalam penulisan abstrak. Penulis harus memilih maksimal lima kata kunci yang spesifik mencerminkan isi penting naskah. Kata kunci dan klasifikasi artikel dicantumkan setelah abstrak.

Main Body Article

Naskah yang dikirmkan ke jurnal ACCOUNT sub bagian sebagai berikut:

  • Pendahuluan

Bagian pendahuluan memberikan pengantar kepada pembaca dengan menjelaskan secara detail mulai dari masalah/ fenomena yang terjadi sehingga dilakukan penelitian, temuan yang telah ada sejauh ini (state of the art), dan tujuan serta motivasi penelitian. Walau tidak terlalu teknis, tetapi pendahuluan cukup jelas memaparkan kontribusi penelitian.

  • Tinjauan Pustaka

Bagian ini penulis membahas tinjauan pustaka dari berbagai referensi yang digunakan di dalam penelitian.

  • Metode Penelitian

Bagian metode penelitian berisi beberapa sub bagian, diantaranya: pengambilan sampel (deskripsi target populasi/ sampel penelitian, unit analisis, dan profil responden); pengumpulan data; dan pengukuran yang digunakan.

  • Hasil

Penulis harus melaporkan hasil secara terperinci sehingga pembaca dapat melihat teknik analisis apa dan mengapa digunakan, sehingga memberi justifikasi/ argument yang memadai pada kesimpulan penelitian. Dalam melaporkan hasil, penulis dapat berasumsi pembaca memiliki pemahaman dasar tentang statistic.

  • Kesimpulan

Penulis menyajikan kesimpulan singkat hasil penelitian. Kesimpulan dapat mencakup poin-poin utama naskah, tanpa mereplikasi bagian abstrak, yang disertai saran bagi peneliti atau pembaca umum. Selain itu, di bagian kesimpulan penulis juga dapat mencantumkan bagian diskusi. Menurut Feldman (2004: 5), Perry et al. (2003: 685), dan Summers (2001:411412), bagian diskusi berisi: (1) menyatakan kembali tujuan utama penelitian, (2) menegaskan kembali pentingnya penelitian tersebut dengan menyebutkan kembali kontribusi utamanya, (3) meringkas hasil penelitian dalam kaitannya dengan tujuan atau hipotesis penelitian), (4) menghubungkan hasil penelitian dengan hasil penelitian sebelumnya, (5) memberikan penjelasan terhadap temuan yang tidak terduga/ tidak signifikan/ ekstrim/ terdapat anomali, (6) mendiksusikan implikasi manajerial dari penelitian, (7) menjelaskan keterbatasan utama yang dapat mempengaruhi validitas hasil, (8) mendiskusikan peluang untuk penelitian berikutnya yang terkait topik tersebut.

  • Keterbatasan

Penulis perlu menuliskan kekurangan dan keterbatasan utama penelitian mereka yang dapat mengurangi validitas tulisan atau menimbulkan pertanyaan dari pembaca. Walaupun Batasan penelitian mungkin tidak mempengaruhi hasil dan kesimpulan, tetapi dalam menjelaskan keterbatasan penulis perlu memberikan penilaian kritis dari dampak penelitiannya. Penulis harus mampu menjawab atas pertanyaan-pertanyaan seperti: apakah masalah ini disebabkan oleh adanya kesalahan/ dalam hal metode yang dipilih/ dll.

Referensi

Dalam menyusun daftar referensi dan menulis sitasi, penulis harus menggunakan alat manajemen referensi (misalnya: Mendeley, EndNote, atau Zotero). Penulis dapat menggunakan beberapa istilah fleksibel sebagai sub bagian setelah bagian utama. Penulis sangat didorong untuk menggunakan template penulisan yang sudah ditentukan tim redaksi jurnal ACCOUNT.

Penulis bertanggung jawab atas kutipan yang benar dari referensi yang digunakan dalam naskahnya. Gaya kutipan yang digunakan harus mengikuti gaya kutipan APA (APA style). Kutipan yang terdapat diteks harus muncul di referensi, dan begitu juga sebaliknya. Lebih detail mengenai panduan gaya APA dapat dilihat pada tautan berikut ini.

Artwork

Penulis perlu memberikan kualitas tinggi pada table/ gambar/ diagram/ ilustrasi yang dibutuhkan di dalam naskah. Resolusi yang buruk tidak dapat diterima. Tabel dan Gambar diberi penomoran tersendiri, seperti: Tabel 1, Tabel 2, Gambar 1, Gambar 2, dst). Tabel dan Gambar juga harus diberi judul dan sumber. Tabel dan Gambar yang direproduksi dari karya orang lain sudah harus memiliki izin dari penerbit asli atau pemegang hak cipta.