PENGEMBANGAN BUDIDAYA TANAMAN ORGANIK DENGAN SISTEM HIDROPONIK OTOMATIS BAGI MASYARAKAT PERKOTAAN (Kelurahan Munjul)

Penulis

  • Sonki Prasetya Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta https://orcid.org/0000-0002-1191-5287
  • Hasvienda Mohammad Ridlwan Politeknik Negeri Jakarta
  • Muslimin Muslimin Politeknik Negeri Jakarta
  • Ratna Khairunnisa Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v3i1.2829

Kata Kunci:

pengabdian, hidroponik, otomatis, kota

Abstrak

Kebutuhan akan makanan sehat saat ini menjadi prioritas bagi masyarakat perkotaan. Di tengah-tengah isu banyaknya makanan seperti sayuran yang sudah terkontaminasi oleh zat kimia dalam proses pengembangannya menjadi salah satu kekhawatiran masyarakat. Kini budidaya tanaman hidroponik menjadi pilihan masyarakat perkotaan, karena dinilai sangat efektif bagi masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhan konsumsi sayur mayur sehari-hari dengan kualitas pangan yang sehat dan alami. Berbagai metode pun ditawarkan untuk memaksimalkan hasil meski lahan terbatas.

Namun bagi masyarakat perkotaan masih terdapat kendala lainnya, yakni tingkat kesibukan masyarakat kota dalam bekerja dan beraktifitas di luar rumah berdampak pada kurangnya waktu untuk melakukan hal lain seperti mengurus tanaman. Melalui program Pengabdian Masyarakat, Program Studi Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta memperkenalkan sebuah sistem hidroponik otomatis sehingga budidaya tanaman seperti sayuran di masyarakat kota dapat dilakukan.  Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah dengan cara : 1) penyuluhan, 2) demonstrasi, dan 3) penyerahan alat. Hasil kegiatan dapat disimpulkan yakni peserta semakin tertarik membudidaya tanaman hidroponik menggunakan sistem otomatis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sonki Prasetya, Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Teknik Mesin

Hasvienda Mohammad Ridlwan, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Teknik Mesin

Muslimin Muslimin, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Teknik Mesin

Ratna Khairunnisa, Politeknik Negeri Jakarta

Jurusan Teknik Mesin

Diterbitkan

15-06-2020

Cara Mengutip

Prasetya, Sonki, Hasvienda Mohammad Ridlwan, Muslimin Muslimin, dan Ratna Khairunnisa. “PENGEMBANGAN BUDIDAYA TANAMAN ORGANIK DENGAN SISTEM HIDROPONIK OTOMATIS BAGI MASYARAKAT PERKOTAAN (Kelurahan Munjul)”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (Juni 15, 2020). Diakses Juli 15, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/2829.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.