Alih Teknologi Perawatan Otomotif Untuk Meningkatkan Life Skill Mekanik Sepeda Motor Di Kampung Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor

Penulis

  • Hasvienda M Ridlwan Politeknik Negeri Jakarta
  • Muslimin Muslimin Politeknik Negeri Jakarta
  • Asep Y Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v2i2.2694

Kata Kunci:

sepeda motor, perawatan, dan pulo geulis

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu poin penting Tri Darma Perguruan Tinggi. Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta, tahun 2019 ini mengadakan program Pengabdian Kepada Masyarakat dengan mengangkat tema “Alih Teknologi Perawatan Otomotif Untuk Meningkatkan Life Skill Mekanik Sepeda Motor di Kampung Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.” Perawatan dasar sepeda motor memang dibutuhkan bagi setiap yang memilki kendaraan. Akan tetapi tidak semua yang memiliki kendaraan bermotor bisa memilki kemampuan memperbaiki sepeda motornya. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membekali para peserta agar memiliki keahlian dalam merawat sepeda motornya, khususnya untuk perawatan dasar. Selain itu, tujuannya agar para peserta memilki pekerjaan yang berkaitan dengan otomotif. Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Jakarta memberikan pelatihan sekaligus menghibahkan seperangkat peralatan (toolbox) untuk perawatan sepeda motor dengan memanfaatkan alat dan bahan yang relatif mudah diperoleh. Pertimbangannya, jika para peserta tidak dibekali peralatan perawatan sepeda motor, para peserta akan kesulitan untuk terus menggali mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama pelaksanaan pembejkalan. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah dengan cara: 1) pembekalan teori tentang perawatan dasar sepeda motor. 2) praktik perawatan dasar sepeda motor. 3) bantuan perangkat perawatan dasar sepeda motor. 4) pendampingan. Hasil kegiatan dapat disimpulkan yakni kemampuan peserta tentang perawatan dasar sepeda motor meningkat setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini. Hal tersebut dikarenakan pelatih menggunakan metode teori-praktik, dan peserta dibekali peralatan dan bahan untuk mempraktikkan sendiri sepeda motornya. Sehingga antusiasme peserta untuk mempraktikkan ilmu perawatan dasar sepeda motor juga meningkat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Sunaryo. 2015. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Mekanik Sepeda Motor Di DesaPulus & Gumiwang, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo. Jurnal PPKM I

Siswanto. Ibnu, Sudiyanto, dkk. PelatihanPerawatan dan Servis Gratis Sepeda Motor DalamRangka Dies Natalis UNY ke-49 Tahun 2013.

https://id.wikipedia.org/wiki/Pulo_Geulis

Diterbitkan

12-02-2020

Cara Mengutip

Ridlwan, Hasvienda M, Muslimin Muslimin, dan Asep Y. “Alih Teknologi Perawatan Otomotif Untuk Meningkatkan Life Skill Mekanik Sepeda Motor Di Kampung Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 2 (Februari 12, 2020). Diakses Juli 19, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/MAK/article/view/2694.

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.