PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK RENGGINANG MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING (Studi Kasus: UMKM Rengginang Capit)

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Iqbal Syahputra
Novi Purnamasari

Abstract

Camilan tradisional Indonesia adalah sebuah aset yang harus dijaga kelestariannya karena merupakan ciri khas bagi suatu daerah bahkan negeri, salah satunya camilan rengginang. Selain sebagai pelaku usaha, UMKM juga berperan penting dalam melestarikan produk-produk tradisional. Namun, tampilan kemasan yang masih sederhana dan terlihat kurang menarik dapat mempengaruhi minat konsumen terhadap produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan perancangan desain kemasan rengginang berdasarkan preferensi konsumen. Kansei Engineering merupakan salah satu metode pengembangan produk yang berorientasi terhadap preferensi konsumen dengan melibatkan Kansei dari konsumen. Penelitian ini diawali dengan melakukan pengumpulan kata Kansei dan didapatkan 348 kata. Kemudian melakukan penyaringan menggunakan metode TF-IDF untuk mendapatkan kata Kansei terpilih dan didapatkan 34 kata Kansei yang terpilih. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas, terdapat 33 kata Kansei yang valid dan reliabel. Metode PCA digunakan untuk mereduksi kumpulan kata Kansei dan didapatkan 2 PC sebagai konsep desain yang diterjemahkan menjadi kesan “Modern-Complicated” dan “Attractive-Trusted”. Kemudian dilakukan analisis menggunakan QTT1 dan ditetapkan kesan “Trusted” sebagai konsep perancangan kemasan rengginang karena memiliki nilai Multiple Rsquare lebih besar. Hasil perancangan desain kemasan rengginang dalam bentuk mock up, dibuat berdasarkan elemen kemasan terpilih pada kesan “Trusted”. Elemen kemasan tersebut terdiri dari: material Rigid Plastik (X1.2), bentuk kemasan KKL Box (X2.5), bergaya desain Minimalis (X3.3), fitur tambahan Window (X4.2), tipografi Script (X5.3), elemen gambar Foto (X6.1), layout Simetris (X7.1), dan area desainnya Direct Print on Material (X8.1).

##plugins.themes.academic_pro.article.details##