Studi Eksperimental Pengaruh Penigkatan Rasio Kompresi Terhadap Torsi Mesin Otto 4 langkah Satu Silinder Dengan Bahan Bakar Bioetanol 85% (E85)
DOI:
https://doi.org/10.32722/jmt.v2i1.3584Abstract
Penggantian jenis bahan bakar dari bahan bakar fosil (gasoline) ke bahan bakar alternative membutuhkan perubahan pada beberapa parameter mesin dan memodifikasnya untuk meminimalkan penuruantorsi pada mesin. Penggunaan Bioetanol 85% (E85) membutuhkan perubahan pada beberapa parameter mesin salah satunya adalah rasio kompresi. Penelitian ini bertujuan untuk nengetahui pengaruh peningkatan ratio kompresi terhadap torsi mesin otto 4 langkah dengan menggunakan bahan bakar E85. penigkatan ratio kompresi adalah dari 11 :1 (standar)ke 12 :. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dengan menaikan ratio kompresi dari ratio kompresi standar (11 :1) ke 12:1 dengan menggunakan bahan bakar E85 dapat meningkatkan torsi sebesar 1,08% pada putaran mesin 7000 RPM jika dibandingkan dengan pengunaan bahan bakar fosil (Gasoline) .
References
Agarwal AK. “Biofuels (alcohols and biodiesel) applications as fuels for internalcombustion engines”. Prog Energy Combust 2007;33:233–71.
Kim S, Dale BE. “Environmental aspects of ethanol derived from no-tilled corngrain: nonrenewable energy consumption and greenhouse gas”. Biomass Bioenergy 2005;28:475–89.
Koç M, Sekmen Y, Topgül T, Yücesu HS. “The Effects of ethanol–unleaded gasoline blends on engine performance and exhaust emissions in a sparkignition engine”. Renew Energy 2009;34:2101–6.
Jeuland N, Montagne X, Gautrot X. “Potentiality of ethanol as a fuel for dedicated engine oil & gas science and technology” – rev. IFP 2004;59(6):559–70.
Lanzer T, “Von Meien OF, Yamamoto CI. A predictive thermodynamic model for the Brazilian gasoline.” Fuel 2005;84:1099–104.
Costa RC, Sodre JR. “Compression ratio effects on an ethanol/gasoline fuelled engine performance”. Appl Therm Eng 2011;31:278–83.
Al-Hasan M. “Effect of ethanol-unleaded gasoline blends on engine performanceand exhaust emission”. Energy Convers Manage 2003;44:1547–61.
Sudarmanta et All, “Influence of the Compression Ratio and Ignition Timing On Sinjay Engine Performance With E50,” Journal of Engineering and Applied Sciences, 2016, pp. 2768-2784
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Mekanik Terapan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
-
Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
-
BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.