The Patterns of Language Usage in Political News on Tempo.co Online Media
DOI:
https://doi.org/10.2024/6642Kata Kunci:
Analisis Wacana Kritis, Berita Politik, Media Online, Tempo.co, Identitas Politik.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola penggunaan bahasa dalam berita politik di media online Tempo.co dengan pendekatan Analisis Wacana Kritis (CDA). Dua berita politik yang dipilih dari periode 20 Maret 2024 mengenai sengketa pemilu dan ucapan selamat kepada pemenang pemilu menjadi fokus analisis. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis wacana CDA. Hasil analisis menunjukkan bahwa berita politik di Tempo.co menggunakan bahasa yang kuat untuk membangun identitas politik tokoh-tokoh terkait dan untuk menyampaikan pesan politik. Strategi retorika yang digunakan, seperti metafora dan hiperbola, digunakan untuk memperkuat argumen politik. Penekanan pada isu-isu politik kontroversial juga ditemukan dalam berita tersebut. Temuan ini mengindikasikan bahwa media politik tidak hanya menjadi sumber informasi, tetapi juga alat untuk membentuk pandangan dan opini publik. Kesimpulannya, pemahaman terhadap konstruksi bahasa dalam berita politik penting untuk memahami dinamika politik dan pengaruhnya terhadap masyarakat.
Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Berita Politik, Media Online, Tempo.co, Identitas Politik.
Referensi
Tempo.co. "Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kami Terbuka Komunikasi dengan Siapapun." Diakses 21 Maret 2024. https://video.tempo.co/read/37311/ucapkan-selamat-kepada-prabowo-gibran-surya-paloh-kami-terbuka-komunikasi-dengan-siapapun.
Pastikan untuk memeriksa gaya penulisan dan aturan format yang berlaku dalam disiplin ilmu atau jurnal yang Anda ikuti untuk menyesuaikan rujukan Anda dengan tepat.
Azari, R. M. (2024, 03 20). Retrieved from Tempo.co: https://pemilu.tempo.co/read/1847395/menghadapi-sengketa-pemilu-yusril-ihza-didukung-oc-kaligis-hingga-otto-hasibuan.diakses tanggal 20 Maret 2024
Kristiadi., J. (2019). Analisis Wacana Kritis Framing Berita Politik di Media Online. Jurnal Komunikasi Vol 14 (2), 149-164.
Utami., S. (2017). Pengaruh Framing Media terhadap Persepsi Publik terhadap Kandidat Politik. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 14(1), 1-12.
Wodak, R. &. (2015). Methods of critical discourse studies. London: SAGE Publications.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Maria Septian Riasanti Mola
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.