PENGARUH RETURN ON EQUITY, RETURN ON ASSET, EARNING PER SHARE, DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2020)

Authors

  • Githa Dhipa Puspita Program Studi Manajemen Keuangan Politeknik Negeri Jakarta
  • Fatimah Fatimah Program Studi Manajemen Keuangan Politeknik Negeri Jakarta
  • Indianik Aminah Program Studi Manajemen Keuangan Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/acc.v8i2.4404

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Equity (ROE), Return on Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Harga saham. Metode penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif, yaitu data diperoleh dari laporan tahunan perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018 sampai 2020. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang telah dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dari penelitian adalah 26 perusahaan subsektor makanan dan minuman, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling sehingga di dapat sampel sebanyak 14 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linier berganda, dengan bentuk data balanced panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ROE dan DER secara parsial berpengaruh negatif terhadap harga saham, sedangkan EPS secara parsial berpengaruh positif terhadap harga saham dan ROA secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham. Sementara itu, secara simultan keempat variabel berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham. 

Kata kunci: Return on Equity (ROE), Return on Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), Debt to Equity  Ratio (DER), Harga saham

Downloads

Published

2021-12-30