PENGARUH AKREDITASI PRODI, MOTIVASI, FASILITAS PENDIDIKAN DAN REPUTASI PENDIDIK TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK PADA POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik di Politeknik Harapan Bersama )

Authors

  • Nurul Mahmudah politeknik negeri jakart
  • Yusri Anis Faidah Politeknik Harapan Bersama

DOI:

https://doi.org/10.32722/acc.v7i1.2843

Abstract

 

PENGARUH AKREDITASI PRODI, MOTIVASI, FASILITAS PENDIDIKAN DAN REPUTASI PENDIDIK TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM

MEMILIH PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

PADA POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL

(Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor

Publik di Politeknik Harapan Bersama )

 

Nurul Mahmudah

[email protected]

Yusri Anis Faidah

[email protected]

Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik

Politeknik Harapan Bersama

 

ABSTRACT

This study aims to analyze the effect of department's accreditation, motivation, educational facilities

and educators' reputation on student decisions in choosing the applied bachelor of public sector accounting department in polytechnic Harapan Bersama  in Tegal (empirical studies on students applying applied bachelor of public sector accounting department in the polytechnic Harapan Bersama). This study is a quantitative study with data collection techniques were based on the results of the questionnaire. The population in this study amounted to 47 students, which was taken by using purposive sampling. The sampling criteria are students who applied and registered to became active students in the applied bachelor of public sector accounting department in the 2019-2020 academic year. So that the sample in this study was 44 students. The data analysis method in this study used multiple regression analyzed by SPSS software. The results showed that the variables of the department's accreditation, motivation, and educational facilities did not influence the decision to choose the applied bachelor of public sector accounting department, however for the reputation variable; the educator partially affected the decision to choose the applied bachelor of public sector accounting department. While the accreditation of department, motivation and educational facilities and the reputation of educators simultaneously influenced the decision to choose the applied bachelor of public sector accounting department.

 

Keywords: accreditation, motivation, educational facilities, educator reputation, decision to choose.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh akreditasi prodi, motivasi, fasilitas pendidikan

dan reputasi pendidik terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih program studi sarjana terapan akuntansi sektor publik pada politeknik harapan bersama tegal (studi empiris pada mahasiswa program studi sarjana terapan akuntansi sektor publik di politeknik Harapan Bersama). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan hasil kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 47 mahasiswa, sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. dengan kriteria pengambilan sampel adalah Mahasiswa yang mendaftar dan registrasi serta mahasiswa aktif yang ada di program studi sarjana terapan akuntansi sektor publik tahun akademik 2019/2020. Sehingga sampel dalam penelitian ini sejumlah 44 mahasiswa. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial untuk variabel akreditasi program studi, motivasi dan fasilitas pendidikan tidak berpengaruh terhadap keputusan memilih program studi sarjana terapan akuntansi sektor publik, untuk variabel reputasi pendidik secara parsial berpengaruh terhadap  keputusan memilih program studi sarjana terapan akuntansi sektor publik. Sedangkan secara simultan akreditasi program studi, motivasi dan fasilitas pendidikan dan reputasi pendidik berpengaruh terhadap keputusan memilih program studi sarjana terapan akuntansi sektor publik.

 

Kata kunci: akreditasi, motivasi, fasilitas pendidikan, reputasi pendidik, keputusan memilih.

Author Biographies

Nurul Mahmudah, politeknik negeri jakart

Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik

Yusri Anis Faidah, Politeknik Harapan Bersama

Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik

Published

2020-07-07