ANALISIS PENGARUH PROMOSI DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH DALAM BERBELANJA ONLINE DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Alfiatus Nur Fadillah politeknik negeri jakart
  • Darna Saenan Politeknik Negeri Jakarta
  • Achmad Bakhrul Muchtasib Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/acc.v7i1.2834

Abstract

ANALISIS PENGARUH PROMOSI DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH DALAM BERBELANJA ONLINE DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

 

Alfiatus Nur Fadillah

[email protected]

Darna

[email protected]

Achmad Bakhrul Muchtasib

[email protected]

 

Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Jakarta

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of digital promotion on consumer behavior of Islamic

Banking students in shopping online, as well as to determine the effect of religiosity on the relationship between the two variables. The research method used is quantitative associative type. Respondents

involved in this study were 279 Islamic Banking students from PNJ, STEI SEBI, and UIN Jakarta. Data collected through the distribution of questionnaires digitally. The collected data is then analyzed using a moderation type of path analysis. The results of this study indicate that digital promotion influences the consumptive behavior of Islamic Banking students in shopping online by 20.5%. In addition, religiosity is able to decrease the relationship between digital promotion and consumptive behavior of Islamic Banking students in shopping online by 16.2%. This research is expected to be useful for Muslim consumers to control their consumptive behavior by increasing their religiosity.

 

Keywords: Digital Promotion, Religiosity, Consumptive Behavior.

 

ABSTRAK

Penelitian    ini    bertujuan    mengetahui   pengaruh   promosi   digital   terhadap    perilaku konsumtifmahasiswa Perbankan  Syariah  dalam  berbelanja  online,  sekaligus  untuk  mengetahui

pengaruh religiusitas terhadap hubungan antara kedua variabel tersebut. Metode penelitian yang

digunakan adalah kuantitatif berjenis asosiatif. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak

279 mahasiswa Perbankan Syariah dari kampus PNJ, STEI SEBI, dan UIN Jakarta. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara digital. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur jenis moderasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi digital berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Perbankan Syariah dalam berbelanja online sebesar 20,5%. Selain  itu,  religiusitas  mampu  menurunkan  hubungan promosi  digital  dan  perilaku  konsumtif mahasiswa  Perbankan Syariah dalam berbelanja online sebesar 16,2%. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi konsumen muslim untuk mengontrol perilaku konsumtif mereka dengan cara meningkatkan religiusitasnya.

 

Kata kunci: Digital Promotion, Religiosity, Consumptive Behavior.

Author Biographies

Alfiatus Nur Fadillah, politeknik negeri jakart

Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Jakarta

Darna Saenan, Politeknik Negeri Jakarta

Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Jakarta

Achmad Bakhrul Muchtasib, Politeknik Negeri Jakarta

Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Jakarta

Published

2020-07-07