ANALISIS PENGARUH PROMOSI DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH DALAM BERBELANJA ONLINE DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.32722/acc.v7i1.2834Abstract
ANALISIS PENGARUH PROMOSI DIGITAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PERBANKAN SYARIAH DALAM BERBELANJA ONLINE DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Alfiatus Nur Fadillah
Darna
Achmad Bakhrul Muchtasib
Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah Politeknik Negeri Jakarta
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of digital promotion on consumer behavior of Islamic
Banking students in shopping online, as well as to determine the effect of religiosity on the relationship between the two variables. The research method used is quantitative associative type. Respondents
involved in this study were 279 Islamic Banking students from PNJ, STEI SEBI, and UIN Jakarta. Data collected through the distribution of questionnaires digitally. The collected data is then analyzed using a moderation type of path analysis. The results of this study indicate that digital promotion influences the consumptive behavior of Islamic Banking students in shopping online by 20.5%. In addition, religiosity is able to decrease the relationship between digital promotion and consumptive behavior of Islamic Banking students in shopping online by 16.2%. This research is expected to be useful for Muslim consumers to control their consumptive behavior by increasing their religiosity.
Keywords: Digital Promotion, Religiosity, Consumptive Behavior.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh promosi digital terhadap perilaku konsumtifmahasiswa Perbankan Syariah dalam berbelanja online, sekaligus untuk mengetahui
pengaruh religiusitas terhadap hubungan antara kedua variabel tersebut. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif berjenis asosiatif. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak
279 mahasiswa Perbankan Syariah dari kampus PNJ, STEI SEBI, dan UIN Jakarta. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara digital. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur jenis moderasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi digital berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Perbankan Syariah dalam berbelanja online sebesar 20,5%. Selain itu, religiusitas mampu menurunkan hubungan promosi digital dan perilaku konsumtif mahasiswa Perbankan Syariah dalam berbelanja online sebesar 16,2%. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi konsumen muslim untuk mengontrol perilaku konsumtif mereka dengan cara meningkatkan religiusitasnya.
Kata kunci: Digital Promotion, Religiosity, Consumptive Behavior.