STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE TRADISIONAL DAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALTERNATIF PENENTUAN BIAYA SATUAN PENDIDIKAN PADA SD ISLAM AT TAQWA BEKASI TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.32722/acc.v7i1.2831Abstract
STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE TRADISIONAL DAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALTERNATIF
PENENTUAN BIAYA SATUAN PENDIDIKAN PADA SD ISLAM AT TAQWA BEKASI TAHUN AJARAN 2018/2019
Baiq Farah Pratiwi
Yusep Friya P. S
yosep.friya@akuntansi.pnj.ac.id
Novitasari
Program Studi Akuntansi Keuangan Terapan Politeknik Negeri Jakarta
ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the calculation of the educational unit cost that are
calculated using traditional methods, determine the calculation of the educational unit cost that are
calculated using activity based costing method, and to know the comparison of costs calculated using both methods. This research uses a quantitative case study method with a descriptive approach. Data collection methods used to obtain data are by interview, documentation and observation. The results of this study indicate that the unit cost of education at SD Islam At-taqwa academic year 2018/2019 which is calculated using the activity based costing method is not always higher or lower than traditional method calculations. This shows the distortion in the form of undercosting and overcosting in the calculation of the educational unit cost due to the calculation of the comparison of educational unit cost using traditional method and the activity based costing method.
Keywords: Educational Unit Cost, Traditional Method, Activity Based Costing Method
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan biaya satuan pendidikan yang
dihitung menggunakan metode tradisional, mengetahui biaya satuan pendidikan yang dihitung menggunakan metode activity based costing, dan mengetahui komparasi biaya yang dihitung
menggunakan kedua metode tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif studi kasus dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan untuk memperoleh data adalah dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya satuan pendidikan yang SD Islam At-taqwa yang dihitung menggunakan metode activity based costing tidak selalu lebih tinggi ataupun lebih rendah dari perhitungan metode tradisional. Hal ini menunjukan adanya distorsi berupa undercosting dan overcosting dalam perhitungan biaya satuan pendidikan dikarenakan adanya perhitungan perbandingan biaya satuan pendidikan menggunakan metode tradisional dan metode activity based costing.
Kata kunci: Biaya Satuan Pendidikan, Metode Tradisional, Metode Activity Based Costing.