Pemanfaatan Social Media Marketing dan Penyusunan Laporan Keuangan Koperasi Kampung Bunga Kayu Cilember Mekar di Desa Cilember - Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32722/mapnj.v3i1.2835Kata Kunci:
social digital marketing, laporan keuangan, komunikasiAbstrak
Pelaksanaan pengabdian kepada Masyarakat akan diadakan di desa Cilember Cisarua Pemerintah Kabupaten Bogor – Jawa Barat tahun ini merupakan tahun keempat sejak tahun 2016 pertama kali dilaksanakan menginat pengabdian kepada masyarakat merupakan wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen dibantu oleh staf administrasi dan mahasiswa. Pengabdian masyarakat akan dilaksanakan dengan pembekalan secara teori dan praktek. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat memberikan pelatihan mengenai pemasaran produk dilakukan secara online (social media marketing), menyusun laporan keuangan Koperasi Kampung Bunga Kayu Cilember Mekar di Desa Cilember, Kabupaten Bogor dan komunikasi serta pelayanan prima yang dilakukan aparatur desa. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 18 September 2019, setelah pelaksanaan pengabdian ini selesai akan dilakukan monitoring terhadap hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat apakah sudah diimplementasikan sesuai prosedur yang berlaku. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pengetahuan kepada aparat desa Cilember dan masyarakat/pedagang yang menjadi anggota Koperasi Kampung Bunga Kayu di desa Cilember, kabupaten Bogor agar mengetahui cara memasarkan produknya dengan menggunakan social media marketing, memberikan pelayanan yang prima dengan komunikasi yang baik serta mampu membuat laporan keuangan koperasi dengan benar.
Unduhan
Referensi
Heidrick and Struggles. 2009. The Adoption of Digital Marketing in Financial. Services Under Crisis.
Rowles, Daniel. (2014). Digital Branding: A Complete Step By Step Guide To Strategy, tactics And Measurement. London: Kogan Page.
Urban, Glen. L. (2004). Digital Marketing Strategy: text and cases. Pearson Education.
Barata, Ateb Adya. 2003. Dasar-dasar pelayanan prima, jakarta: PT Elek Mediakomputindo
Lovelock, Christopher H. dkk. 2011. Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi. Jilid I, Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi
Yamit, Zulian. 2013. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta: Ekonisia
Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Statisfaction: PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Etzkowitz, Henry & Leydesdorff, L. (2000). The dynamic of innovation: From national systems and ‘mode 2’ to a triple helix of university –industry-government relations. Research Policy, 29 (2), 109-123
Undang-Undang Koperasi Nomor 25 Tahun 1992
Renstra, Visi dan Misi Desa Cilember-Bogor, diakses April 2019