Optimalisasi Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Potensi Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Cilember, Bogor

Penulis

  • Iis Mariam Politeknik Negeri Jakarta
  • Nidia Sofa Politeknik Negeri Jakarta
  • Nining Latianingsih Politeknik Negeri Jakarta
  • Azwar Azwar Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/mapnj.v1i1.1987

Kata Kunci:

pelayanan, UMKM, koperasi, bunga kayu,

Abstrak

Dalam era teknologi informasi saat ini kecepatan dalam memberikan pelayanan bisnis kepada konsumen berdampak pada persaingan bisnis tidak terkecuali pada pelaku usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) yang ada di Bogor, Jawa Barat. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian pada masyarakat  yang berada di desa Cilember, Cisarua, Bogor-Jawa Barat adalah membentuk koperasi yang berbadan hukum dan dapat menampung kebutuhan pelaku usaha berbisnis serta mempermudah mempertemukan pelaku usaha dengan supplier ataupun pembeli yang tertarik dengan produk yang dijual. Pelaku UMKM di desa Cilember memiliki usaha yang beragam, seperti: pengusaha bunga kayu, pengrajin boneka, penjual makanan dan minuman, pengelola Eco–Village. Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah: (1)  mengindentifikasi bentuk pelatihan pelayanan prima kepada pengurus koperasi dan pengrajin yang tergabung dalam UMKM, (2) strategi yang dilakukan pelaku usaha bunga kayu dalam memasarkan produknya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data observasi, dan wawancara. Pelaku usaha yang tergabung di koperasi bunga kayu mekar Cilember ada 300 orang dengan jenis usaha yang beragam. Hasilnya menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan kepada konsumen yang memesan dan membeli kerajinan bunga kayu sudah dilakukan menggunakan komunikasi yang mudah dimengerti dan memberikan rasa puas kepada konsumen.  Strategi yang dilakukan dalam memasarkan produknya adalah mengikuti pameran yang diadakan pemerintah daerah Bogor, ikut dalam kegiatan bazar, kemasyarakatan dan berjualan di tempat wisata serta penjualan berbasis on-line.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Barata, Ateb Adya. 2003. Dasar-dasar pelayanan prima, jakarta: PT Elek Mediakomputindo

Fandy, Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2007. Service, Quality Statisfaction, Yogyakarta: Andi Offset

Rahmayanti, Nina. 2013. Manajemen Pelayanan Prima, Yogyakarta: Graha Ilmu

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Statisfaction: PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Etzkowitz, Henry & Leydesdorff, L. (2000). The dynamic of innovation: From national systems and ‘mode 2’ to a triple helix of university –industry-government relations. Research Policy, 29 (2), 109-123

UU Nomor 20 Tahun 2008 mengenai UMKM

Diterbitkan

15-06-2018

Cara Mengutip

Mariam, Iis, Nidia Sofa, Nining Latianingsih, dan Azwar Azwar. “Optimalisasi Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Potensi Bisnis Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Cilember, Bogor”. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (Juni 15, 2018). Diakses Juli 2, 2024. https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/MAK/article/view/1987.

Terbitan

Bagian

Articles
Share |