OPTIMALISASI PERAN DANA ZAKAT UNTUK MENYELESAIKAN PERMASALAHAN EKONOMI DALAM SITUASI EMERGENCY (MASA PANDEMI)

Authors

  • Ady Arman Keuangan dan Perbankan Syariah, Politeknik Negeri Jakarta
  • Ach. Bakhrul Muchtasib Keuangan dan Perbankan Syariah, Politeknik Negeri Jakarta
  • Dede Abdul Fatah Keuangan dan Perbankan Syariah, Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/eb.v22i1.5766

Abstract

Zakat merupakan salah satu unsur penting dalam sistem ekonomi berdasarkan syariat Islam. Zakat dapat mendorong pertumbuhan ekonomi suatu bangsa atau negara dengan cara penurunan jumlah masyarakat ekonomi lemah (miskin), melalui mekanisme subsidi ekonomi, jaminan sosial, pemberdayaan, ataupun pembinaan.

Saat ini sedang terjadi penyebaran virus corona yang memiliki dampak signifikan pada perputaran perekonomian di Indonesia. Proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan mencapai 2,3%. Bahkan, dalam situasi terburuk, ekonomi bisa minus hingga 0,4%. Dampak ini lebih kompleks dibandingkan dengan krisis yang terjadi pada 1997-1998 dan 2008-2009. Di sisi lain, Nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat kembali jatuh yang telah menyentuh angka Rp16.000.

Penelitian ini ingin memotret peran dana zakat dalam mengatasi persoalan ekonomi di masa pandemi. Kekuatan dana zakat sebagai instrumen sosial untuk menumbuhkan kesejahteraan ekonomi di masa pandemi. Dengan metode SWOT akan ditemukan model pengembangan dana zakat yang tepat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di masa pandemi.

Kata kunci: OPZ, Zakat, Pandemi, SW

Published

07-06-2023