ANALISIS MINAT PENGGUNAAN BERULANG E-WALLET SELAMA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di 5 Kota Terdampak Covid-19 di Indonesia)

Authors

  • Rodiana Listiawati Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Jakarta
  • Rahmanita Vidyasari Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Jakarta
  • Novita sari Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/acc.v9i1.4584

Abstract

Melihat fenomena pertumbuhan produk serta pengguna e-wallet yang semakin pesat saat ini, serta gencarnya promosi-promosi yang menarik dari e-wallet melalui media digital, walaupun adanya beberapa kelemahan transaksi menggunakan e-wallet akan berdampak pada minat konsumen menggunakan produk e- wallet seterusnya terutama selama pandemi Covid -19 ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh daya tarik promosi, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, persepsi keamanan masing-masing terhadap minat penggunaan berulang produk e-wallet selama pandemi Covid-19 baik secara parsial maupun simultan. Responden adalah para pengguna e-wallet di 5 kota terdampak pandemi yaitu Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, dan Makassar. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian  variabel daya tarik promosi tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan berulang e-wallet. Sementara untuk variabel persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat dan persepsi keamanan berpengaruh secara parsial terhadap minat penggunaan ulang e-wallet. Selain itu, variabel daya tarik promosi, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat dan persepsi keamanan tidak berpengaruh secara simultan terhadap minat penggunaan berulang e-wallet karena hanya memberikan kontibusi sebesar 0,2% terhadap minat penggunaan berulang e-wallet, sedangkan sisanya 99,8% dipengaruhi oleh variabel- variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci: daya tarik promosi, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, persepsi keamanan, minat penggunaan berulang, e-wallet, pandemi covid-19

 

Downloads

Published

2022-06-12