ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DAPAT MENINGKATKAN MINAT PEGAWAI UNTUK MELAKUKAN TINDAKAN WHISTLEBLOWING (Studi Kasus : Bank DKI)

Authors

  • Anggi Arvianita Program Studi Keuangan dan Perbankan Politeknik Negeri Jakarta
  • Tetty Rimenda Program Studi Keuangan dan Perbankan Politeknik Negeri Jakarta
  • Jhonny Marbun Program Studi Keuangan dan Perbankan Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32722/acc.v8i2.4403

Abstract

Fraud merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi pemerintah diberbagai negara tidak terkecuali di Indonesia. Lembaga yang paling banyak terdapat fraud adalah sektor perbankan dan sektor pemerintahan. Salah satu bank yang tidak dapat terhindarkan dari tindakan fraud adalah Bank DKI, dimana telah terjadi tindakan fraud pada kurun waktu 2017 hingga 2019. Untuk mencegah tindakan fraud ini dibutuhkan sistem kontrol yang kuat dan efektif yaitu dengan menggunakan sistem mekanisme whistleblowing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat meningkatkan minat pegawai untuk melakukan tindakan whistleblowing pada Bank DKI. Ada tujuh faktor yang dapat meningkatkan minat whistleblowing pada Bank DKI diantaranya adalah literasi whistleblowing, komitmen organisasi, biaya pribadi, reward, saluran pelaporan anonim, status pelaku kesalahan dan retaliasi, yang kemudian ke tujuh faktor ini direduksi dalam analisis faktor menjadi faktor – faktor baru. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden.. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan regresi linier berganda dengan alat bantu analisis yaitu SPSS Versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor risiko, penghargaan dan kerahasiaan identitas berpengaruh terhadap minat whistleblowing pegawai Bank DKI, sedangkan faktor loyalitas dan kesetaraan jabatan tidak berpengaruh terhadap minat whistleblowing pada Bank DKI.

Kata Kunci : Literasi Whistleblowing, Komitmen Organisasi, Biaya Pribadi, Reward, Status Pelaku Kesalahan, Saluran Pelaporan Anonim, Retaliasi, Whistleblowing Bank DKI, Fraud

Downloads

Published

2021-12-30