PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN ORGANISASI, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KUALITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN (Studi Kasus pada Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Serang)

Authors

  • Puspita Maelani Program Studi Akuntansi Universitas Bina Bangsa
  • Dini Martinda Lestari Program Studi Akuntansi Universitas Bina Bangsa
  • Muhammad Imam Taufik Program Studi Akuntansi Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.32722/acc.v8i2.4402

Abstract

Sistem informasi yang tidak terintegrasi dengan baik akan berimplikasi pada hal yang tidak sesuai dengan tujuan, sehingga perlu pembenahan sistem informasi akuntansi manajemen yang mendukung kendala tersebut. Apabila kemampuan pengguna diterapkan dengan baik, maka budaya organisasi, komitmen organisasi, kualitas informasi dan kualitas sistem informasi akuntansi manajemen akan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, komitmen organisasi dan kualitas informasi terhadap kualitas sistem informasi akuntansi manajemen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif melalui teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang disebar secara langsung ke seluruh pegawai yang ada di BPKAD Kabupaten Serang. Alat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 25. Hasil dalam penelitian ini 1) Adanya pengaruh yang signifikan budaya organisasi terhadap kualitas sistem informasi akuntansi manajemen. 2) Adanya pengaruh yang signifikan komitmen organisasi terhadap kualitas sistem informasi akuntansi manajemen. 3) Adanya pengaruh yang signifikan kualitas informasi terhadap kualitas sistem informasi akuntansi manajemen.

Kata Kunci: Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Kualitas Informasi dan Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Manajemen.

Downloads

Published

2021-12-30