ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PEMBAYARAN JAMINAN KECELAKAAN KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN (Studi Kasus Di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pematangsiantar)

Authors

  • Dwi Rahma Program Studi Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32722/acc.v8i2.4400

Abstract

Pekerja atau buruh memiliki hak-hak yang dilindungi oleh hukum. Hak pekerja yang menjadi focus bahasan di dalam tulisan ini adalah hak atas keselamatan dan kesehatan kerja. Agar program jaminan kecelakaan kerja (JKK) dapat berjalan dengan baik dan efektif perlu adanya system akuntansi yang baik. Tujuan dari program ini adalah untuk memastikan pekerja yang mengalami kecelakaan kerja dapat kembali bekerja tanpa menghadapi risiko pemutusan hubungan kerja karena kecelakaan yang dialaminya. Adapun system akuntansi klaim Jaminan Kecelakaan Kerja memiliki hubungan yang erat dengan sistem akuntansi pengeluaran kas, karena klaim merupakan tuntutan pengakuan yang harus dibayar pertanggung kepada tertanggung, agar hak tertanggung terpenuhi sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati dalam asuransi. Tujuan dari penelitian ini adalah utnuk mengetahui: 1. Prosedur dalam klaim jaminan kecelakaan kerja (JKK). 2. Mengetahui system akuntansi dalam klaim jaminan kecelakaan kerja (JKK). 3. Mengetahui evaluasi terhadap system akuntansi klaim jaminan kecelakaan kerja (JKK) pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pematangsiantar. 

Kata Kunci: Jaminan Kecelakaan Kerja, Sistim Dan Prosedur Pembayaran, Pengendalian Intern.

Downloads

Published

2021-12-30