PERAN KAP DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM KAMPUS MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.32722/acc.v7i2.3546Abstract
PERAN KAP DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM KAMPUS MERDEKA
Imanta Tarigan [email protected] Imanta[email protected]
KAP Joachim Poltak Lian & Rekan
Ali Masjono [email protected] Jurusan akutansi PNJ
ABSTRACT
This qualitative research base on KAP Joachim Poltak Lian & Rekan experiences in
conducting internship program with PNJ. The objective of the article is identify of probability of
expanding internship program with PNJ by not only KAP but also other type of industries and also to identify the role of KAP in supporting Kampus Merdeka Curriculum. The result show, KAP plays a dominant role in supporting internship program where KAP has already started the supporting many students to learn and experiencing the real world. The curriculum has already support the need of KAP therefore, this link is possible to be expanded.
Keywords: KAP Joachim Poltak Lian & Rekan, Internship, Kampus Merdeka, Kurikulum
ABSTRAK
Artikel ini merupakan hasil kajian dari pengalaman KAP Joachim Poltak Lian & Rekan dan
Politeknik Negeri Jakarta dalam menjalankan program magang bagi mahasiswa. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengidentifikasi kemungkinan industri untuk berperan dalam implementasi
kurikulum kampus merdeka. Kajian ini dibuat dengan menggunakan metodologi kualitatip, dimana dalam pengolahannya melibatkan pihak KAP, PNJ, mahasiswa yang terlibat program magang yang dilakukan dalam satu fokus group discussion. Data dikumpulkan dari berbagai media dan sumber sumber resmi dari kementrian pendidikan dan kebudayaan dan diolah dengan menggunakan metode compare, contras dan sintesis. Hasilnya menyimpulkan bahwa kerja sama antara KAP dan PNJ telah mempelopori implementasi kurikulum kampus merdeka dan telah memberi manfaat bagi KAP, mahasiswa dan PNJ.
Kata kunci: KAP Joachim Poltak Lian & Rekan, Internship, Kampus Merdeka, Currikulum