PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN PASTA GIGI ENZIM ANAK - ANAK

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aji Syahputra
Nanang Wahyudi
MRR. Tiyas Maheni

Abstract

Desain kemasan memiliki peranan utama sebagai pelindung produk. Kemasan yang baik harus memiliki visual yang baik sehingga dapat dijadikan sebagai media untuk promosi. Salah satu bentuk pengaplikasiannya terdapat pada produk pasta gigi Enzim Anak-Anak. Pasta gigi Enzim Anak-Anak memiliki keunggulan tanpa deterjen serta memiliki kandungan enzim aktif. Pasta gigi Enzim Anak-Anak telah bertahan dengan desain lamanya selama 7 (tujuh) tahun, yang menyebabkan produknya tidak mampu bersaing dengan produk lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh sebuah desain kemasan baru untuk produk pasta gigi Enzim Anak-Anak. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan wawancara terarah, observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis SWOT, pasta gigi Enzim Anak-Anak membutuhkan desain kemasan baru yang mampu menononjolkan keunggulan produk melalui konsep desain yang baru. Dari strategi tersebut diperoleh arahan kreatif termasuk key message, yaitu Pasta gigi dengan enzim tanpa deterjen, serta  tone and manner, yang memiliki kesan modern, ceria dan segar. Arahan kreatif dikembangkan pada proses minmapping dan moodboard, yang kemudian diolah menjadi sebuah konsep visual. Konsep visual tersebut akan mengarahkan proses perancangan ulang pada desain kemasan pasta gigi Enzim Anak-Anak , agar menghasilkan sebuah desain kemasan baru yang memiliki kesan lebih modern, fun dan fresh.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Sebanyak 79% Orang Tua Dan 85% Anak Di Indonesia Tidak Menyikat Gigi. (n.d.). Maret 24, 2019. https://www.unilever.co.id/news/pressreleases/2013/Orang-Tua-Anak-TidakMenyikat-Gigi.htm
  2. Susetyarni, Th, (2012) Kemasan produk ditinjau dari bahan, bentuk kemasan dan pelabelan pada kemasan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk minuman mizone di Kota Semarang. Jurnal. STIE Semarang, Vol 4, No.3, Edisi Oktober 2012 (ISSN: 2252-7826) https://media.neliti.com/media/publications/132997-ID-kemasan-produk-ditinjau-dari-bahan-kemas.pdf
  3. Meyers, Herbert M., & Lubliner, Murray J. (1998). The Marketers Guide to Successful Package Design. Chicago, Illinois: NTC Business Books
  4. Dhameria, Vita (2014), Analisis Pengaruh Keunikan Desain Kemasan Produk, Kondusitas Store Environment, Kualitas Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif (Studi pada Pasaraya Sri Ratu Pemuda Semarang), Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol. XIII, No.1 Mei 2014, https://ejournal.undip.ac.id/index. php/jspi/article/view/13961/10619
  5. Sekarlaranti, Ariesta, (2013), Persepsi Konsumen Terhadap Warna, Tipografi, Bentuk Grafis dan Gambar pada Kemasan Produk dengan Pendekatan Multidimensional Scaling, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 6. No.1 April 2013, https://www.google.com/search?client=safari&rls=en&q=penggunaan+typografi,+warna+dan+maskot+dalam+pemeblian+produk.pdf&ie=UTF-8&oe=UTF-8
  6. Julianti, Sri. (2018). Art of Packaging (2nd ed). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  7. Mufreni, Alfin NF, (2016), Pengaruh desain produk, bentuk kemasan dan bahan kemasan terhadap minat beli konsumen (studi kasus the hijau serbuk tocha) Jurnal Ekonomi Manajemen. Vol 2 Nomor 2 (November 2016) 48-54, ISSN 2477-2275 (print), http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem/article/download/313/224
  8. Christy, Priscilla, Pengaruh Desain Kemasan (Packaging) pada Impulsive buying. http://e-journal.uajy.ac.id/7009/1/Jurnal.pdf
  9. Wahyudi, Nanang, & Satriyono, Sonny. (2017). Mantra Kemasan Juara. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  10. Franzia, Elda. (2009). Karakter Kartun Pada Kemasan Makanan Ringan, 6, No.2