Pemanfaatan Sistem Pelatihan E-Learning Pada Pengembangan Kinerja Karyawan di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Pengujian ISO 9126

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Henny Yulianti

Abstract

Pembelajaran merupakan strategi dan sekaligus sebagai solusi bagi suatu perusahaan atau instansi pemerintah maupun individu untuk beradaptasi dalam mengambil tindakan yang efektif untuk menciptakan keunggulan daya saing bisnis zaman ini. Perusahaan perlu meningkatkan kinerja karyawannya agar berprestasi dan sukses dalam pencapaian tujuan  strategis organisasi. PT Kobe Boga Utama menyadari bahwa pengembangan dan pelatihan adalah upaya untuk menciptakan SDM yang bekerja dengan performace baik dan berkualitas. Maka, e-learning adalah solusi terbaik untuk metode pembelajaran yang digunakan dalam pengembangan dan pelatihan di perusahaan ataupun instansi pemerintahan apalagi di saat kondisi dunia pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem aplikasi pelatihan E-Learning karyawan berbasis Web secara online dengan feature yang sesuai dengan kebutuhan dan mendukung kemajuan kompetensi karyawan serta mengatasi permasalahan pelatihan karyawan yang dihadapi pada PT. Kobe Boga Utama. Perancangan sistem Applikasi pelatihan E-Learning karyawan dengan metode penelitian ADDIE dan perangkat lunaknya dengan metode UML.Dan berdasarkan hasil pengujian perangkat lunak yang dilakukan dengan metode Black Box berjalan baik dan juga diukur kualitasnya dengan metode ISO 9126, dihasilkan bahwa tingkat kualitas perangkat lunak secara keseluruhan dalam kriteria Sangat Baik, dengan persentase 88,04%. Aspek kualitas tertinggi adalah berdasarkan aspek Usability dengan persentase sebesar 91,87%, selanjutnya aspek Functionality dengan 90,22%. Aspek Reliability dengan persentase sebesar 83,2%, sedangkan aspek Efficiency dengan persentase sebesar 79,33%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Yulianti, H. (2021). Pemanfaatan Sistem Pelatihan E-Learning Pada Pengembangan Kinerja Karyawan di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Pengujian ISO 9126. MULTINETICS , 7(1), 65–81. https://doi.org/10.32722/multinetics.v7i1.3769 (Original work published September 29, 2021)

References

  1. Q. N. Naveed, M. R. N. Mohamed Qureshi, A. Shaikh, A. O. Alsayed, S. Sanober and K. Mohiuddin, "Evaluating and Ranking Cloud-Based E-learning Critical Success Factors (CSFs) Using Combinatorial Approach," in IEEE Access, vol. 7, pp. 157145-157157, 2019, doi: 10.1109/ACCESS.2019.2949044.
  2. R. Hrischev and N. Shakev," Using of interactive web-based electric drive design tools in e-learning in pandemic time," 2020 International Conference Automatics and Informatics (ICAI), 2020, pp. 1-4, doi: 10.1109/ICAI50593.2020.9311383.
  3. A. Agarwal, S. Sharma, V. Kumar and M. Kaur, "Effect of E-learning on public health and environment during COVID-19 lockdown," in Big Data Mining and Analytics, vol. 4, no. 2, pp. 104-115, June 2021, doi: 10.26599/BDMA.2020.9020014.
  4. P Indah, Hardiyan.”Pengaruh E-learning sebagai Media Pelatihan dan Pengembangan terhadap Kinerja Karyawan BCA KCU Tangerang”. Jurnal SISFOKOM, vol 7, no1, Maret 2018
  5. D.Renata.”Tata Kelola Pelaksanaan E-learning dalam Peningkatan Kinerja Penyelenggaraan Pelatihan dalam masa covid-19”.JurnalAgriWidya (Pusat Pelatuhan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian) vol1 no3, September 2020.
  6. Tazkia S Ardan, Denada F Zahra, Fikri R Junaedi, Septian R Widianto, “Dokumentasi Software Testing Berstandar IEEE 829-2008 untuk Learning Management System Fakultas Ilmu Komputer Universitas Subang”, Jurnal Multimedia Networking Informatics (Multinetics), Vol 6,No2, pp:179 -191,Nopember2020. Doi: https://doi.org/10. 32722/Multinetics.v6i2
  7. Hardono, I. Surjandari, A. Rachman, Y. A. B. Panjaitan and A. Rosyidah, "Development of theses categorization system search engine using PHP and MySQL," 2017 International Conference on Information Technology Systems and Innovation (ICITSI), Bandung, 2017, pp. 194-199, Doi: 10.1109/ICITSI. 2017.8267942.
  8. V. López, O. G. Fragoso Díaz, R. Santaolaya Salgado, J. C. Rojas Pérez and J. G. González Serna, "Learning Web Services for E-learning in the Workplace," in IEEE Latin America Transactions, vol. 17, no. 11, pp. 1894-1901, November 2019, doi: 10.1109/TLA.2019.8986429
  9. Z. Al Tooq, D. Cadiente, S. Ligawen and J. R. Mendaje, "Readiness, Challenges, and Satisfaction in the New Paradigm of Teaching and Learning: An E-learning Evaluation," 2020 Sixth International Conference on e-learning (econf), 2020, pp. 6-11,doi:10.1109/econf51404.2020.9385 426.
  10. Ahmed Odeh Al Jaber; Haifaa Omar Elayyan, "1 Concept of Higher Education, Quality Assurance, and E-learning," in Toward Quality Assurance and Excellence in Higher Education, River Publishers, 2018, pp.1-38.
  11. A. W. Muzaffar, M. Tahir, M. W. Anwar, Q. Chaudry, S. R. Mir and Y. Rasheed, "A Systematic Review of Online Exams Solutions in E-learning: Techniques, Tools, and Global Adoption," in IEEE Access, vol. 9, pp:32689-32712, 2021, doi:10.1109/ ACCESS.2021.3060192.
  12. J.P.Vagarinho and M. Llamas-Nistal, "Process-Oriented Quality in e-learning: A Proposal for a Global Model," in IEEE Access, vol. 8, pp. 13710-13734, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2965619.
  13. World Health Organization Coronavirus Disease (Covid-19) Dashboard, Accessed, Desember 16, 2020, https://covid19.who.int/
  14. Choi B, Jegatheeswaran L, Minocha A, Alhilani M, Nakhoul M, Mutengesa E, “The Impact of the Covid-19 pandemic on final year medical students in the United Kingdom : a national survey”. BMC Med Educ,2020; 206. Cross Ref Medline.
  15. S. Allen, "COVID-19 Is Straining Mental Health—Could Technology Be the Answer," in IEEE Pulse, vol. 11, no. 4, pp. 8-13, July-Aug. 2020, doi: 10.1109/MPULS.2020. 3008355.
  16. F. G. Constancio et al., "Extended ADDIE Model for improved Distance Learning Courses," 2018 IEEE Frontiers in Education Conference (FIE), San Jose, CA, USA, 2018, pp. 1-5, doi: 10.1109/FIE.2018.8658925.
  17. A. R. Mohammed and S. S. Kassem, "E-learning System Model For University Education Using UML," 2020 Sixth International Conference on e-learning (econf), Sakheer, Bahrain, 2020, pp. 35-39, doi: 10.1109/econf51404.2020.9385482.
  18. Triyadi,“Aplikasi Monitoring Server dan Analisis Kualitas Menggunakan Model ISO 9126”, STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) Vol.4, No.3, April 2020, p-ISSN:2527-9661,e-ISSN: 2549-2837
  19. Lailela Septi, Kusumadianti Rini,”Pengukur an Kualitas Perangkat Lunak Aplikasi SISFO_Nilai di Politeknik Piksi Ganesha Berdasarkan ISO 9126”, Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik) Vol 2,No 2, pp:84-100, 2018.
  20. W. Sardjono and W. G. Perdana, " Using ISO-9126 and SECI Model for Enhancing Enterprise Resource Planning Implementation Strategic in Broadcasting Company," 2019 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), Jakarta/Bali, Indonesia, 2019, pp. 150-154, doi: 10.1109/ICIMTech.2019. 8843832.
  21. R Guidotti, A Monneale, F Giannotti, D Pedreschi, S Ruggieri,F Turini. Factual and Counterfactual Explanations for Black Box Decision Making. IEEE Intelligent Systems. 1Nov-Dec 2019; 34(6) :14-23. Doi: 10.1109/ MIS.2019. 2957223.
  22. A. Delgado and J. V. Vásquez Paragulla, "Improving teaching and learning in systems programming courses using participatory action research," IEEE CACIDI 2016 - IEEE Conference on Computer Sciences, 2016, pp. 1-5, doi: 10.1109/CACIDI.2016.7786000.
  23. N. Eren-Zaffar, "The Impact of Pre-reading Strategies on Reading Performance: An Action Research," 2020 Sixth International Conference on e-learning (econf), 2020, pp. 210-213, doi: 10.1109/econf51404.2020.938 5456.____