Program Aplikasi Kontrol Dan Pemodelan Matematika Levitasi Magnetik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rika Novita Wardhani

Abstract

Rancang bangun magnetik levitasi berbasis LabVIEW versi 8.5 dan NI-DAQ 6008 merupakan suatu sistem untuk menganalisis grafik output dan membuktikan bahwa gaya elektromagnet dapat digunakan untuk melawan gaya gravitasi bumi. Sistem ini terdiri dari hardware dan software. Software yang digunakan adalah LabVIEW versi 8.5. Hardware yang digunakan adalah NI-DAQ (National Instrumen Data Acquisition). NI-DAQ berfungsi sebagai interface yang menghubungkan antara pengkondisian sinyal dengan komputer yang akan mengolah data dengan aplikasi LabVIEW versi 8.5. Sensor yang digunakan adalah sensor hall effect (UGN 3503) dengan tegangan output 2,69V hingga 3,7V dan sensor infrared yang digunakan untuk mendeteksi objek melayang dalam jarak 4-24mm dari kumparan. Setpoint tegangan yang digunakan dalam software adalah sebesar 3,6V.

Pengukuran dapat dilakukan secara nyata melalui layar komputer dengan bantuan aplikasi LabVIEW versi 8.5. Proses pengukuran juga dapat dimonitor dan dianalisa dengan aplikasi LabVIEW. Program dibuat sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Hasil pengukuran berupa grafik kuat medan magnet pada front panel LabVIEW.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Rika Novita Wardhani, Politeknik Negeri Jakarta

Program Studi Instrumentasi & Kontrol Industri

Jurusan Teknik Elektro

How to Cite
Wardhani, R. N. (2015). Program Aplikasi Kontrol Dan Pemodelan Matematika Levitasi Magnetik. MULTINETICS , 1(2), 43–49. https://doi.org/10.32722/multinetics.v1i2.1181

References

  1. Ogata, Katsuhiko. 1991. Teknik Kontrol Automatik. Erlangga. Jakarta.
  2. Gunterus, Frans. 1994. Falsafah Dasar: Sistem Pengendalian Proses. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
  3. R. Sinha, M.L. Nagurka. 2005. “Analog and LabVIEW Control of a Maglev System with NI-ELVIS”. ASME International Engineering Congress and Exposition. Orlando. Florida USA.
  4. http://www.elearning- jogja.org/file.php/84/hukum_faraday_dan_le nz.doc, 3 Agustus 2009.
  5. National Instruments. “What is LabVIEW”
  6. http://www.ni.com, 30 Juli 2009.
  7. “PID Controllers”
  8. http://www.wikipedia.com, 30 Juli 2009. [7]National Instruments. 2001. PID Control
  9. Toolset Manual. Corporate Headquarters. Austin.