Sibimbel: Aplikasi Android untuk Bimbingan Belajar Yayasan Meldita Class

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mauldy Laya
Nadya Felinda Winarto

Abstract

Abstrak - Yayasan Meldita Class berdiri sejak tahun 2007 dan fokus kepada bimbingan belajar privat yang menyebarkan gurunya di daerah Jakarta Timur dan Bekasi. Semua sistem kelola kegiatan belajar mengajar masih manual sehingga memicu banyaknya masalah. Permasalahan perubahan jadwal mengajar yang tidak sampai kepada salah satu pihak antara guru dengan orangtua atau wali murid, kurangnya transparansi terkait pembayaran mengajar terhadap guru, tidak adanya tolak ukur baik bagi orangtua atau wali murid, guru, dan yayasan untuk melihat perkembangan murid. Aplikasi bimbingan belajar berbasis android dibangun untuk mengatasi masalah-masalah yang ada pada Yayasan Meldita Class sehingga memudahkan orangtua atau wali murid, guru, dan yayasan untuk berkomunikasi dengan baik dan lancar. Aplikasi ini dibangun menggunakan metode Guideliness for Rapid Application Engineering (GRAPPLE). Orangtua dan guru dapat mengajukan perubahan jadwal mengajar melalui aplikasi ini. Platform android dipakai agar aplikasi lebih mudah dan fleksibel untuk digunakan dimanapun dan kapanpun pengguna berada. Dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah guru, orangtua atau wali murid untuk melihat jadwal, memudahkan guru untuk melakukan rekap absen, dan latihan kuis bagi siswa. Aplikasi diuji menggunakan metode black-box dan user acceptance testing. Hasil pengujian terhadap 9 responden, yaitu 3 orang guru, 3 orang orangtua atau wali murid, dan 3 murid menyatakan aplikasi dapat dipakai oleh Yayasan Meldita Class.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Laya, M., & Winarto, N. F. (2018). Sibimbel: Aplikasi Android untuk Bimbingan Belajar Yayasan Meldita Class. MULTINETICS , 4(1), 8–13. https://doi.org/10.32722/multinetics.v4i1.1153

References

  1. Mulyadi. Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Jogjakarta: Nuha Litera, 2010.
  2. Safaat, Nazruddin. Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC. Bandung: Informatika, 2011.
  3. Taveekarn, Warit, Rukpatsorn Latthitham, Nuttawat Kittichareonjit, and Vasaka Visoottiviseth. FindMyTutor : An Android Application for Matching Students and Private Tutors. Third ICT International Student Project Conference Journal. 2014.
  4. Sakti, Ardhy Yuliawan Norma, Yusuf Priyandari, Muhammad Hisjam. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Auditor Teknologi Pada Sistem Nasional Audit Teknologi (SNAT) Menggunakan Metode Grapple. Industrial Engineering Conference (ICE). 2016.
  5. Booch G., Maksimchuk RA, Engle MW, Young BJ, Conallen Jimm, Houston KA. 2007. Object-Oriented Analysis And Design With Applications Third Edition, Addison-Wesley, United States.
  6. A.S, Rosa, dan M. Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.