Identifikasi Kebutuhan Operasional CRM untuk Monitoring Tugas Akhir

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Endah Purwanti
Badrus Zaman

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) telah berkembang menjadi sebuah strategi, proses, dan teknologi untuk memperkuat hubungan perusahaan dengan pelanggannya, melalui customer life-cycle. Tren pada e-bisnis menunjukkan perubahan dari product-centric menjadi customer-centric. Universitas atau perguruan tinggi dapat mengambil keuntungan dari CRM melalui peningkatan proses student-facing. Pada penelitian ini dilakukan identifikasi kebutuhan operasional CRM untuk monitoring Tugas Akhir, dengan mengambil studi kasus di program studi D3 Sistem Informasi Fakultas Vokasi Unair. Identifikasi dilakukan dengan menggunakan model IDIC (Identify, Differentiate, Interact and Customize). Identifikasi kebutuhan merujuk pada konsumen yang ada. Aktor yang diidentifikasi sebagai konsumen sistem monitoring tugas akhir adalah mahasiswa, dosen pembimbing dan koordinator program studi.  Tahap diferensiasi dilakukan pada masing-masing aktor untuk mendapatkan kepentingan dan kebutuhan terhadap informasi yang dihasilkan oleh sistem. Identifikasi kebutuhan fungsional digambarkan dalam sebuah use case diagram. Secara umum kepentingan tiap aktor adalah akses informasi secara langsung ke dalam sistem. Kemudahan dalam mendapatkan informasi akan meningkatkan kepuasan konsumen dalam mendapatkan informasi dan memutuskan strategi yang dipilih untuk memperlancar pengerjaan tugas akhir

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Purwanti, E., & Zaman, B. (2016). Identifikasi Kebutuhan Operasional CRM untuk Monitoring Tugas Akhir. MULTINETICS , 2(2), 75–79. https://doi.org/10.32722/multinetics.v2i2.1070

References

  1. Winer, R. 2001., A Framework for Customer Relationship Management, California Management Review, 43(4), 89-105.
  2. Kotler, P., dan Fox, 1995, K. Strategic Marketing for Educational Institutions, Englewood Cliffs, N.J.: Prentice Hall.
  3. Grant, G., dan Anderson, G. , 2002, Web Portals and Higher Education, Willey Company, USA.
  4. Chen, J., and Ching, R. K. H., 2005, An Examination of the Effects of CRM Practices on CRM Effectiveness and Business Performance, Proceedings of the Eleventh Americas Conference on Information Systems, August 11- 14, Omaha, NE, USA, 179-188.
  5. Karimi, J., Somers, T., and Gupta, Y., 2001, Impact of Information Technology Management Practices on Customer Service, Journal of Management Information Systems, 17(4), 125-158.
  6. Bradshaw, I., and Brash, C., 2001, Management Customer Relationships in the e-Business World, International Journal of Retail and Distribution Management, 29(12), 520-530.
  7. Kalakota, R., dan Robinson, M, 2001, e-business 2.0: Roadmap for Success, Addison Willey.
  8. Fatima Zohra Ennaji; Abdelaziz El Fazziki; Mohamed Sadgal; Djamal Benslimane, 2015. Social intelligence framework: Extracting and analyzing opinions for social CRM. IEEE/ACS 12th International Conference of Computer Systems and Applications (AICCSA), Pages: 1-7.
  9. Miguel Rodel Felipe; Khin Mi Mi Aung; Xia Ye; Wen Yonggang, 2015. StealthyCRM: A Secure Cloud CRM System Application that Supports Fully Homomorphic Database Encryption. International Conference on Cloud Computing Research and Innovation (ICCCRI), Pages: 97 – 105.
  10. S. S. Askool; K. Nakata, 2010. Scoping study to identify factors influencing the acceptance of social CRM, IEEE International Conference on Management of Innovation & Technology, Pages: 1055 – 1060.
  11. Peppers, D. & Rogers, M., 2004. Managing Customer Relationships: A Strategic Framework. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons.