Simulasi Prosedur Pencoblosan pada PILGUB Berbasis dengan Teknik Collision Detection dan Biped-Character Rigging

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ade Achmad Amisena
Hata Maulana
Herlino Nanang

Abstract

Di dalam pemilu, salah satu kategori pemilih yang mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan demokrasi di masa kini dan mendatang adalah pemilih pemula. Namun layaknya pemilih pemula, mereka  selalu  dianggap  tidak  memiliki  pengalaman voting.  Pendidikan politik yang masih rendah di kalangan pemilih pemula adalah sumber masalah yang cukup signifikan dalam proses pemilu. Beberapa waktu yang lalu, masyarakat DKI Jakarta telah melangsungkan pemilu untuk menentukan  Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru. Berdasarkan  hasil  rekapitulasi  surat suara, Kota Administrasi Jakarta Timur merupakan wilayah dengan angka golput dan surat suara tidak sah yang tertinggi. Berdasarkan penyebaran kuesioner yang dilakukan di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur, para pemilih  pemula  yang  didominasi  pelajar SMA belum mengerti mengenai prosedur pencoblosan, dan merasa sosialisasi yang selama ini dilakukan KPU kurang menarik sehingga diperlukan sebuah media alternatif baru dalam sosialisasinya. Pembuatan aplikasi simulasi menggunakan teknologi 3D Animation dirasa dapat membantu memecahkan masalah tersebut. Penggunaan teknologi 3D Animation ditambah dengan implementasi teknik collision detect- ion untuk menambah unsur realistis dari simulasi dan implementasi teknik biped-character rigging dalam video animasi diharapkan dapat memberikan kesan yang impresif, menarik minat, serta mudah  dipahami  dalam penggunaanya. Pembuatan aplikasi ini menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri atas observasi, wawancara, kuesioner, studi pustaka dan studi literatur, sedangkan untuk metode perancangan aplikasi menggunakan IMSDD (Interactive Multimedia System Design and Development) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu system requirement, design consideration, implementation, dan evaluation.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Amisena, A. A., Maulana, H., & Nanang, H. (2018). Simulasi Prosedur Pencoblosan pada PILGUB Berbasis dengan Teknik Collision Detection dan Biped-Character Rigging. MULTINETICS , 1(1), 19–23. https://doi.org/10.32722/multinetics.v1i1.1034

References

  1. KPU. Pemilu 2009 dalam angka. Jakarta. 2009.Ali, Muhammad. Penelitian Kependidikan: Prosedur dan strategi. Bandung: Angkasa. 2000.
  2. KPU. Rekap tungra perkelurahan pemilu 2012. http://kpujakarta.go.id/view/download_data/download/c69658b352886e13b47fb2ddf72efd82.pdf . 2012. [13 November 2012, pkl 09.15 WIB]
  3. Dastbaz, Mohammad. Designing interactive multimedia systems. Newyork. 2003.
  4. Ericson, Christer. Real-time collision detection. New york : Morgan Kaufmann. 2005.
  5. Hendratman, Hendi. The magic of 3D studio max. Bandung : Informatika. 2005.
  6. Sridadi, Bambang. Pemodelan dan simulasi sistem teori,aplikasi dan Contoh program dalam bahasa C. Bandung Informatika. 2009.
  7. Ausburrn, Lynna J & Asburn, Floyd B. Desktop virtual reality: a powerful new technology for teaching and research in industrial teacher education. http://scholar.lib.vt.edu/ejournals/ JITE/v41n4/ausburn.html. 2004 [05-05-12, pkl 08.00 WIB]