Desain Identitas Visual Sebagai Media Branding UMKM Foodey's

Authors

  • Saskia Deanaya Megaputri Politeknik Negeri Jakarta
  • Andriyanto Politeknik Negeri Jakarta
  • Wiwi Prastiwinarti Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Identitas Visual, Usaha Kuliner, Branding, UMKM

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Foodey’s adalah sebuah usaha rumahan dibidang kuliner yang menjual paket nasi bakar, nasi tumpeng, aneka cemilan pasar, kue tart dan puding dengan kualitas premium karena dibuat menggunakan bahan baku yang bernilai tinggi. Sejak 2016, UMKM Foodey’s belum memiliki logo serta keseluruhan tampilan identitas yang konsisten, baik pada media cetak maupun onlinenya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang identitas visual UMKM Foodey’s dengan mengangkat citra barunya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan observasi, wawancara, studi literatur dan survei serta menggunakan metode analisis STP, analisis SWOT, dan creative brief/arahan kreatif. Hasil perancangan berupa logo berjenis combination mark dengan konsep desain premium, minimalis, dan homemade. Desain identitas visual diturunkan serta disusun pada media utama Graphic Standard Manual, serta media pendukung lainnya berupa buku nota pembelian, poster menu, kartu nama, x-banner, desain feed dan story media sosial (Instagram), serta label logo kemasan. Diharapkan dengan adanya perancangan identitas visual dengan citra baru UMKM Foodey’s dapat mengembangkan usahanya melalui tampilan baru pada media cetak beserta media online (media sosial).

Downloads

Published

2023-04-21

How to Cite

Megaputri, S. . D., Andriyanto, & Prastiwinarti, W. (2023). Desain Identitas Visual Sebagai Media Branding UMKM Foodey’s. Jurnal Katamata, 1(1), 30–38. Retrieved from https://jurnal.pnj.ac.id/jkm/article/view/6403