Peningkatan Brand Awareness Musume Cosmetics Melalui Desain Kemasan Public Relation (PR) Package

Authors

  • Nadira Raihana Politeknik Negeri Jakarta
  • Andriyanto Politeknik Negeri Jakarta
  • Anita Hidayanti Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Brand Awareness, Kemasan, PR Package, Musume Cosmetics

Abstract

Peningkatan angka pertumbuhan pada bidang kosmetik di Indonesia yang naik secara signifikan di tahun 2022 membuat persaingan khususnya pada brand baru harus lebih optimal. Musume Cosmetics yang baru saja didirikan pada awal tahun 2023 telah mengeluarkan produk kosmetik dengan klaim premium dan eksklusif namun dengan harga yang terjangkau. Namun, Musume Cosmetics belum terlalu dikenal oleh masayarakat dan memerlukan perancangan kemasan Public Relation (PR) Package untuk menumbuhkan brand awareness. Pemilihan PR Package media yang efektif dan shareable dipilih agar dapat menarik perhatian masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah merancang kemasan yang sesuai dengan citra brand Musume Cosmetics. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara studi literatur dan kuesioner. Proses perancangan menggunakan 5 tahapan proses menurut Steven Du Puis dan John Silva yaitu Discovery, Creation, Refinement, Implementation, dan Final Artwork. Hasil dari perancangan yaitu kemasan PR Package dengan pemilihan konsep desain elegan, glam, dan premium. Rancangan struktur kemasan yang dibuat seperti box dengan konsep beauty case yang memiliki fitur laci dan juga cermin. Tampilan visual yang dipilih adalah elemen sunburst, sparkle dan glitter yang diterapkan dengan outline style serta menggunakan teknik cetak hotstamp pada setiap elemennya. Kemudian kemasan akan digunakan sebagai PR Package Musume Cosmetics untuk meningkatkan brand awareness.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Raihana, N., Andriyanto, & Hidayanti, A. (2023). Peningkatan Brand Awareness Musume Cosmetics Melalui Desain Kemasan Public Relation (PR) Package. Jurnal Katamata, 1(2), 43–52. Retrieved from https://jurnal.pnj.ac.id/jkm/article/view/6402