Desain Brand Profile Book Sebagai Media Branding Marketeers Internasional

Authors

  • Madeline Victoria Queen Politeknik Negeri Jakarta
  • Dwi Agnes Natalia Bangun Politeknik Negeri Jakarta
  • Emmidia Djonaedi Politeknik Negeri Jakarta

Keywords:

Media Branding, Brand Profile Book, Media Massa

Abstract

Angka persaingan dalam industri media terus melonjak, ditambah dengan kemajuan teknologi yang berdampak luas. Hal tersebut mendorong perusahaan untuk memperkuat strategi demi bertahan di era yang sengit. Marketeers adalah perusahaan media massa dalam bidang marketing dan bisnis, terdorong untuk membentuk strategi dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Agar dapat meyakinkan calon mitra Marketeers memerlukan suatu media yang bisa menyampaikan identitas, pencapaian, dan performa perusahaan untuk dapat menunjukkan kredibilitas. Oleh karena itu, Marketeers membutuhkan media berupa buku profil sebagai solusi akan masalah tersebut. Buku profil brand dirancang melalui metode design thingking terdiri dari lima tahap antara lain emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Dilakukan juga proses pengumpulan data dengan melakukan wawancara, dokumentasi, observasi dan studi literatur. Melalui tahap penelitian, informasi yang diperoleh diolah melalui mind map dan mood board. Kata  kunci visual yang telah diperoleh selanjutnya divisualisasikan melalui sketsa imposisi, sketsa manual, dan sketsa digital. Konsep terpilih akan menjadi desain komprehensif yang selanjutnya diwujudkan ke dalam bentuk fisik dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Perancangan ini menghasilkan buku profil brand dengan konsep bold-minimalist dan gabungan konsep modern serta digital, melalui penerapan warna yang vibrant dan penggunaan elemen bentuk yang modern. Hasil karya berupa buku profil brand ini selanjutnya dapat dimanfaatkan oleh klien untuk meyakinkan klien dalam proses menuju kerja sama dan relasi bisnis.

Downloads

Published

2023-04-21

How to Cite

Victoria Queen, M., Bangun, D. A. N., & Djonaedi, E. (2023). Desain Brand Profile Book Sebagai Media Branding Marketeers Internasional. Jurnal Katamata, 1(1), 11–20. Retrieved from https://jurnal.pnj.ac.id/jkm/article/view/6400