Perancangan Ulang Identitas Visual Untuk Membangun Brand Image Sang Cafe

Authors

  • Adzkia Asakiinah Politeknik Negeri Jakarta
  • Nabila Fajrina Politeknik Negeri Jakarta
  • Muchliyanto Universitas Persada Indonesia YAI

DOI:

https://doi.org/10.32722/jk.v1i2.6333

Keywords:

Branding, desain grafis, identitas visual, kedai kopi, logo

Abstract

Sang Cafe adalah brand kedai kopi yang berlokasi di daerah Tebet Timur. Sang Cafe belum memiliki identitas visual yang konsisten dan belum dapat merepresentasikan citra brand yang ingin disampaikan kepada konsumen. Perancangan ulang identitas visual dimulai dari tahap riset menggunakan metode penelitian data mixed method (kuantitatif dan kualitatif) melalui studi literatur, wawancara, observasi, serta penyebaran kuesioner. Digunakan juga analisis STP dan SWOT yang kemudian diperolehlah creative brief yang berisi tentang hal-hal yang dapat mempermudah proses perancangan nantinya. Proses perancangan ulang identitas visual dimulai dengan melakukan metode riset desain pembuatan mind map untuk memperoleh key visual hingga moodboard yang berisi referensi desain. Kemudian tahap selanjutnya adalah pembuatan sketsa kasar yang dibuat dengan manual, sketsa halus yang berupa digitalisasi, desain komprehensif hingga akhirnya memilih alternatif desain dan menerapkannya ke dalam media yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Sang Cafe. Dengan dilakukannya perancangan ulang identitas visual ini, diharapkan dapat membangun dan memperkuat brand image Sang Cafe.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Asakiinah, A., Fajrina, N., & Muchliyanto. (2023). Perancangan Ulang Identitas Visual Untuk Membangun Brand Image Sang Cafe. Jurnal Katamata, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.32722/jk.v1i2.6333