Perancangan Kemasan Flat Bottom Pouch Untuk Produk Biji Kopi
Abstract
Fenomena maraknya tren usaha kedai kopi tak lepas dari tingginya konsumsi minuman kopi di masyarakat. Pendopo Kopi merupakan salah satu usaha kafe yang berencana menjual produk biji kopi yang sudah disangrai. Pendopo Kopi belum memiliki kemasan khusus untuk produk biji kopi yang akan dijual. Solusi untuk menjawab permasalahan tersebut adalah dengan merancang kemasan pouch untuk produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana proses perancangan kemasan pouch yang dapat berfungsi sebagai media informasi dan menampilkan keunggulan dari produk biji kopi yang dijual. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif deskriptif, serta mengimplementasikan teori design thinking sebagai metode riset desain. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan desain untuk kemasan flat bottom pouch varian kopi Arabika 500 gr. Pembahasan desain kemasan yang telah dibuat akan dilihat dari bagaimana aplikasi elemen visual yang digunakan berupa ilustrasi, tipografi dan warna. Dengan adanya desain kemasan ini, diharapkan Pendopo Kopi dapat dengan mudah menjual dan menginformasikan produk biji kopi dan mempromosikan keunggulan produk melalui kemasan flat bottom pouch yang telah dibuat.