Hubungan Pilihan Bidang Studi dengan Kecerdasan Mahasiswa Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan

Penulis

  • Fitri Nur Ardiantika Politeknik Negeri Jakarta
  • Mohammad Fauzy Jakarta State Polytechnic
  • Azhmy Fawzi MY Jakarta State Polytechnic
  • Djony Herfan Jakarta State Polytechnic

DOI:

https://doi.org/10.2024/6313

Abstrak

Kecerdasan merupakan kemampuan individu untuk memecahkan masalah, menciptakan produk, dan karya-karya dalam sebuah konteks secara natural. Setiap tahun Jurusan Teknik Grafika dan penerbitan yang memiliki empat program studi menerima mahasiswa baru. Besar atau kecil pengaruh kecerdasan ini sangat penting karena kecerdasan merupakan salah satu prediktor untuk menentukan pilihan bidang studi seseorang. Tujuan dan manfaat penelitian ini adalah untuk melihat potensi-potensi diri seseorang dalam memilih studi dan karirnya. Cara ini membantu untuk melihat kompetensi-kompetensi seseorang dalam sebuah rentang karir yang menjadi peluang bagi dirinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey. Penelitian dilakukan pada sejumlah sampel secara pusposif. Dari delapan dimensi Kecerdasan Jamak, yaitu Matematika, Interpersonal, Intrapersonal, Musikal, Naturalistik, dan Kinestetik, Kecerdasan Bahasa dan Visualisasi dapat menjadi prediktor dalam menentukan pilihan program studi. bagi pemilih program studi disain grafis, dimensi pertama adalah Visualisasi, bagi pemilih program studi Penerbitan, dimensi pertama adalah Interpersonal, dan untuk pemilih Program Studi Teknik Grafika dan TICK, adalah Naturalistik.

Unduhan

Diterbitkan

01-10-2023

Cara Mengutip

Ardiantika, F. N. ., Fauzy, M. ., Fawzi MY, A., & Herfan, D. (2023). Hubungan Pilihan Bidang Studi dengan Kecerdasan Mahasiswa Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan . JURNALISTIK DAN MEDIA, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.2024/6313