KAJIAN SISTEM PENGOLAHAN AIR DI PT. WATERINDO PRIMATECH BEKASI (WPB)

Authors

  • Nisa Nurhidayanti Universitas Pelita Bangsa
  • Simbar Fatih Buari

DOI:

https://doi.org/10.32722/pt.v22i1.5281

Keywords:

Air Bersih, Pengolahan, Koagulasi, Flokulasi

Abstract

Air bersih saat ini masih belum sepenuhnya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat di Indonesia, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedalaman, tertinggal dan jauh dari perkotaan. Pengolahan air baku menjadi air bersih yang layak digunakan merupakan solusi dalam penyelesaian masalah tersebut. PT.Waterindo Primatech Bekasi (WPB) merupakan perusahaan daerah di Kabupaten Bekasi yang mengelola air baku menjadi air bersih,berdasarkan pada Peraturan Menteri Kesehtan Republik Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengevaluasi sistem pengolahan air di WTB mulai dari intake sampai menghasilkan efluen dan menganalisa pemenuhan baku mutu sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Metode yang digunakan adalah observasi secara langsung dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengolahan air di PT.Waterindo Primatech Bekasi (WPB) terdiri dari Pra-Sedimentasi sebagai bak pengendapan awal air baku, koagulator hidrolis sebagai pengadukan kimia dengan air baku dengan sistem gravitasi, dan menggunakan PAC sebagai koagulan, flokulator berfungsi pembentukan flok-flok, sedimentasi plat settler sebagai bak pengendap flok-flok dan plat baja sebagai penambah efesiensi, sand filter sebagai filtrasi menyaring kotoran dan flok-flok halus, dan Reservoir sebagai bak penampungan air yang telah di filtrasi dan siap didistribusikan. Hasil pengujian air bersih di PT.Waterindo Primatech Bekasi yaitu pH 7,2-7,6,TDS 133-187 mg/L, kekeruhan 0-0,5 NTU dan sisa klorin 0,06-0,50 mg/L dan telah memenuhi syarat baku mutu yang di tentukan oleh Permenkes No. 492 tahun 2010.

Kata Kunci: Air Bersih, Pengolahan, Koagulasi, Flokulasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. L. Kaslum, “Kinerja Sistem Filtrasi Dalam Menurunkan Kandungan TDS, Fe, dan Organik dalam Pengolahan Air Minum,” 2019.

R. N. Fuziah and R. H. IW, “Tinjauan Pengolahan Air Minum di PDAM Kabupaten Kebumen Tahun 2017,” 2017.

M. Kencanawati and Mustakim, “Analisis Pengolahan Air Bersih Pada WTP PDAM Prapatan Kota Balikpapan,” 2017.

D. Herawati and A. Yuntarso, “Penentuan Dosis Kaporit Sebagai Desinfektan Dalam Menyisihkan Konsentrasi Ammonium Pada Air Kolam Renang,” 2017.

E. R. Bhaskoro and T. Ramadhan, “Evaluasi Kinerja Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Karangpilang I PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Secara Kuantitatif,” 2018.

Z. Rahimah, H. Heldawati, and I. Syauqiyah, “Pengolahan Limbah Deterjen Dengan Metode Koagulasi-Flukulasi Menggunakan Koagulan Kapur dan PAC,” 2016.

T. Ramadhan, “Evaluasi Kinerja Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Karangpilang I PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Secara Kuantitatif,” 2018.

H. M. Rizkya and R. N. JAR, “Penurunan Total Suspended Solid dan Kekeruhan Air Baku Menggunakan Pipa Circular dan Gravel Bed Flocculator Dengan Koagulan Poly Aluminium Chloride,”2020.

Y. Kusumawardani and W. Astuti, “Evaluasi Pengelolaan Sistem Penyediaan Air Bersih Di PDAM Kota Madiun,” 2018.

E. Sofia, R. Riduan, and E. Pratama, “Evaluasi Kinerja Reservoir Pada Jaringan Distribusi Air Bersih IPA I PDAM Banjarmasih,” 2018.

P. R. Kementrian, “Permen PU No 20 Tahun 2006,” vol. 2006, no. 1, pp. 1–14, 2016.

R. S. Alviyani and D. A. Radityaningrum, “Evaluasi Sistem Pengolahan dan Distribusi Air Bersih PDAM Kota Probolinggo. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya,” 2021.

Published

2023-01-31

How to Cite

Nurhidayanti, N. ., & Fatih Buari, S. (2023). KAJIAN SISTEM PENGOLAHAN AIR DI PT. WATERINDO PRIMATECH BEKASI (WPB). Jurnal Poli-Teknologi, 22(1), 6–16. https://doi.org/10.32722/pt.v22i1.5281

Issue

Section

Articles