PEMANFAATAN DATA GELOMBANG KEJUT UNTUK MENGETAHUI MANFAAT PITA GETAR DI JALAN RAYA

Authors

  • Muhammad Idham Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bengkalis, Jl. Bathin Alam, Sei. Alam, Bengkalis, Riau
  • Hendra Saputra Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Bengkalis, Jl. Bathin Alam, Sei. Alam, Bengkalis, Riau

DOI:

https://doi.org/10.32722/pt.v18i1.1286

Abstract

ABSTRACT


The rumble strips have been done in Bengkalis regency especially in Bengkalis island. The purpose of rumble strips can be able to answer a challenge to safety traffic. However, visually the use of rumble strips has not been exploited by road users. This research by using shockwave theory to get speed before and after which is supported by a greenshield method. The result of this research showed that speed of vehicles decreases below the speed of the road plan 25,07 km/h with shockwave 9,93 km/h. It indicated that the mathematical calculations with rumble strips can reduce the speed of the vehicle.


Key words : Rumble strips, speed, greenshield, shock wave


ABSTRAK


Penggunaan pita getar sudah mulai banyak digunakan di kabupaten Bengkalis khususnya di pulau Bengkalis. Tujuan penggunaan pita getar adalah mampu menjawab tantangan terhadap keselamatan berlalu lintas. Akan tetapi, secara visual penggunaan pita getar belum sepenuhnya dumanfaatkan oleh pengguna jalan raya. Peneitian ini dilakukan dengan menggunakan teori gelombang kejut untuk mendapatkan kecepatan sebelum dan sesudah yang dibantu dengan mengguna metode greenshields, dimana hasil dari penelitian ini didapat bahwa kecepatan kendaraan turun dibawah kecepatan rencana jalan 25,07 km/jam dengan nilai gelombang kejut 9,93 km/jam. Hal ini menunjukkan bahwa secara perhitungan matematika penggunaan pita getar mampu mengurangi kecepatan kendaraan.


Kata kunci : Pita getar, kecepatan, greenshield, gelombang kejut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brouwer, S,V., Liauner, J., dan Setiawan, R. 2015. “Efektifitas pita pengaduh untuk mereduksi kecepatan kendaraan bermotor”, Jurnal FSTPT International Symposium.

Edige, J.B., Ghaemi, S.M., dan Mashris, N. 2013. Prevelence of Traffic Kinematic Wave at Priority Junction With Entry Hump, Malaysian Journal of Civil Engineering, Vol. 25, No. 2, pp. 168-176.

Hobbs, F., D. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu-lintas, Gadjah Mada University Press.

H.W.Leibowitz. 1985. Grade crossing accident and human faktor engineering, Jurnal American Scientist, Volume 73 no. 6 hal. 558-562.

Michael J. C, Jame W.S.(1993) Rumble Strips and Pedestrian Savet Jurnal ITE.

Published

2019-02-05

How to Cite

Idham, M., & Saputra, H. (2019). PEMANFAATAN DATA GELOMBANG KEJUT UNTUK MENGETAHUI MANFAAT PITA GETAR DI JALAN RAYA. Jurnal Poli-Teknologi, 18(1). https://doi.org/10.32722/pt.v18i1.1286

Issue

Section

Articles