EFEKTIVITAS DAN KEPUASAN PENGGUNA JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG (JPO) DI PASAR INDUK KRAMAT JATI
DOI:
https://doi.org/10.32722/pt.v17i1.1091Abstract
ABSTRACT
This research aims to determine how high the level of effectiveness, how the level of service and how the satisfaction of Pedestrian Bridge (PB) users in the Market Kramat Jati. Observations were made by calculating the volume of crossers using and not using the PB as well as the volume of vehicles passing during the morning rush hour and afternoon peak hours both on weekdays and on holidays. This data is used as the basis for the analysis of the effectiveness and determination of the appropriate type of crossing facilities. The observation of the user time of PB with the sample of 29 people for each observation time. Data collection also used questionnaires to 53 PB user respondents containing questions relating to the physical components of PB and supporting data that became the basic variables of consideration for the use of PB. The effectiveness analysis result shows that the JPO is not effective at the service level including category A. Based on the user satisfaction analysis, 59% are satisfied and very satisfied using the PB with the age range of 21-30 years old, the high school education, the most self employed, the monthly income 1 -3 million, the frequency of work usage < 2x per day, from destination to shopping / market with the intention to work.
Keywords: Effectiveness, Pedestrian Bridge, User Satisfaction, Level Of Service.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat efektivitas, bagaimanakah tingkat pelayanannya serta bagaimanakah kepuasan pengguna Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Pasar Induk Kramat Jati. Pengamatan dilakukan dengan menghitung volume penyeberang yang menggunakan dan tidak menggunakan JPO serta volume kendaraan yang melintas pada jam sibuk pagi dan jam sibuk sore baik hari kerja maupun hari libur. Data ini digunakan sebagai dasar analisis efektivitas dan penentuan jenis sarana penyeberangan yang tepat.Dilakukan pengamatan waktu tempuh pengguna JPO dengan sampel sebanyak 29 orang untuk masing-masing waktu pengamatan.Pengumpulan data juga menggunakan kuesioner kepada 53 orang responden pengguna JPO yang berisi pertanyaan berkaitan dengan komponen-komponen fisik JPO dan data pendukung yang menjadi variabel dasar pertimbangan untuk penggunaan JPO.Hasil analisis efektvititas menunjukan bahwa JPO tersebut tidak efektif namus tingkat pelayanan termasuk kategori A. Berdasarkan analisis kepuasan pengguna, sebanyak 59% puas dan sangat puas menggunakan JPO dengan klasifikasirentang usia 21-30 tahun, pendidikan mayoritas SMA, pekerjaan terbanyak wiraswasta, penghasilan perbulan 1-3 juta, frekuensi pekerjaan pemakaian < 2x perhari, asal tujuan ke pertokoan/pasar dengan maksud bekerja.
Kata Kunci : Efektivitas, Jembatan Penyeberangan Orang, Kepuasan Pengguna, Tingkat Pelayanan.
Downloads
References
Nunggraeni, Herlinsta Astrie. 2006. “Efektifitas Penggunaan Jembatan Penyeberangan Orang (Jpo) Dan Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Penyeberang Jalan Dalam Menggunakanny”. Tugas Akhir, Universitas Diponegoro Semarang.
Zilhardi, Idris, 2007. “Jembatan Penyeberangan di Depan Kampus UMS sebagai Fasilitas Pejalan Kaki”. Penelitian Jurnal, Universitas Muhammadiyah. Surakarta
Fruin, John J, 1979, “Pedestrian Planning and Design”. Metropolitan Association Of Urban Designers and Environtmental Planner, Inc., New York, Universitas Michingan.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 1995. “Peraturan Mentri Pekerjaan Umum Nomor: 027/T/Bt/1995 Tata Cara Perencanaan Jembatan Penyeberangan untuk Pejalan Kaki di Perkotaan”. Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.
Sya’ban, Muhammad dan Debora Novita.2016. “Efektifitas Dan Tingkat Pelayanan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Di Pasar Kranji Bekasi”. Proyek Akhir, Politeknik Negeri Jakarta.
Cambel, JP 1989. “Riset dalam Efektivitas Organisasi” terjemahan Salut Simamora. Jakarta, Erlangga.
Harahap, Hariman Hakim. 2014. “Analisa Karakteristik Penggunaan Jembatan Penyeberangan Pada Daerah Perbelanjaan di Jalan Jendral Sudirman Kota Palembang”. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Vol 2, No 1, Maret 2014. Universitas Brawijaya.
Mannering, Fred L., Scoot S. Washburn. 2012. “Principles of Highway Engineering and Traffic Analysis”. Wiley, New York.
HCM. 2000. “Highway Capacity Manual, Special Report 209”. Transportation Reseach Board, Washington DC.National Research Coucil.