Game Edukasi Anak Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Android

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aliffia Novsiyanti Ashari
Mohamad Jajuli
Budi Arif Dermawan

Abstract

Media belajar yang diterapkan saat ini masih bersifat konvensional. Maka dari itu, penelitian ini merancang game edukasi anak menggunakan metode finite state machine berbasis android, dimana metode finite state machine ini merupakan sistem kontrol alur aplikasi. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki enam tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Tujuan adanya aplikasi ini, untuk mengevaluasi pengetahuan anak pada pelajaran, dengan memanfaatkan media interaktif seperti gambar, animasi 2D transisi dan musik. Berdasarkan hasil uji aplikasi dengan alpha testing, fungsi aplikasi berjalan dengan baik dan hasil dari beta testing dengan kuisioner delapan pertanyaan yang diisi oleh 32 siswa kelas 1 (satu) Sekolah Dasar Negeri Sukamandi II diperoleh presentase 98,6%, sehingga aplikasi layak digunakan. Dari pengujian manual didapatkan hasil pengetahuan anak pada pelajaran Matematika sebesar 86,2%, Bahasa Indonesia 85,3% dan Bahasa Inggris 73,8% dan hasil evaluasi menggunakan aplikasi game pada pelajaran Matematika sebesar 97,8%, Bahasa Indonesia 95,6% dan Bahasa Inggris 92,5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengetahuan anak dalam pelajaran mengalami peningkatan setelah menggunakan aplikasi game edukasi yaitu 11,6% pada pelajaran Matematika, 12,5% pelajaran Bahasa Indonesia dan 18,7% pelajaran Bahasa Inggris, sehingga aplikasi ini efektif untuk meningkatkan kemampuan belajar anak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ashari, A. N., Jajuli, M., & Dermawan, B. A. (2020). Game Edukasi Anak Menggunakan Metode Finite State Machine Berbasis Android. MULTINETICS, 6(2), 99–109. https://doi.org/10.32722/multinetics.v6i2.2817