Analisa Usability Pengguna Website Tokopedia Menggunakan Metode Mccall

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aleksander Agung Reformasi
Iklima Ermis

Abstract

Dengan perkembangan E-commerce di Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya, belanja online menjadi kebiasaan bagi sebagian orang karena kemudahan yang diberikan, banyak orang beranggapan bahwa belanja online adalah salah satu sarana untuk mencari barang-barang yang dibutuhkan. Tokopedia merupakan salah satu E-commerce yang terbesar di Indonesia dan cukup banyak penggunanya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah website Tokopedia memiliki kecocokan berdasarkan kriteria Usability. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan 50 responden sebagai pengumpulan data dalam penelitian ini. Kuesioner penelitian terdiri atas 13 pernyataan yang digunakan untuk mengukur aspek efektivitas, efisiensi dan kepuasan dalam penggunaan website Tokopedia. Kuesioner disebar secara random untuk mendapatkan respon sebagai data yang nanti akan diolah. Hasil dari perhitungan yang dilakukan dengan analisa Usability menunjukkan keseluruhan atribut memiliki usability oleh user, rata-rata diatas nilai 3, sehingga dapat dikatakan bahwa website Tokopedia yang digunakan oleh user telah memiliki nilai aspek Usability yang baik.

 

 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Reformasi, A. A., & Ermis, I. (2019). Analisa Usability Pengguna Website Tokopedia Menggunakan Metode Mccall. MULTINETICS, 5(2), 120–124. https://doi.org/10.32722/multinetics.v5i2.2775