Penerapan Kontrol Fuzzy Logic Berbasis Matlab Pada Perangkat Mesin Cuci

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hendri Putra
Matias Kelviandy
Bintang Eka Putera

Abstract

Pemanfaatan Fuzzy logic dalam implementasi perangkat seringkali menjadi pilihan terbaik karena dapat menjembatani bahasa manusia yang cenderung tidak presisi dengan bahasa mesin yang cenderung presisi. Dalam pemanfaatannya terhadap implementasi kendali kecepatan mesin cuci sesuai dengan beban dan tingkat kekotoran pakaian tertentu, metode ini jelas berhasil untuk membuat kecepatan putaran mesin cuci lebih optimal. Kendali tidak menitikberatkan pada angka, tetapi menekankan pada suatu nilai semesta pembicaraan. Sehingga respon kecepatan yang dihasilkan sesuai dengan toleransi dari input dan menciptakan kenaikan sinyal grafik yang dihasilkan untuk mendapatkan suatu peningkatan kecepatan yang optimal.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Putra, H., Kelviandy, M., & Eka Putera, B. (2018). Penerapan Kontrol Fuzzy Logic Berbasis Matlab Pada Perangkat Mesin Cuci. MULTINETICS, 4(2), 14–21. https://doi.org/10.32722/multinetics.v4i2.1177

References

  1. Agus Naba, Belajar cepat Fuzzy Logic Menggunakan Matlab, C.V Andi Offset, Yogyakarta, 2009.
  2. Felix Pasila Limboto dan Bayu Krisnawan, “Desain Flux Vector Control Inverter 3 Fasa Pada Motor Induksi 1.5 HP Menggunakan Power Blockset”
  3. Frans Kurniadi, “Simulasi Fuzzy Logic Control Pada Mesin Cuci Menggunakan Simulink Matlab”,
  4. Gunaidi Abdia Away, Matlab Programming, Informatika, Bandung, 2010.
  5. Heru Supriyono dan Rochmad Rosyidi, “Implementasi Pengen-dalian Kecepatan Motor DC Dengan Pengendali Fuzzy-PID Menggunakan RealTime Windows Target Matlab 6.5” , Jurnal Penelitian Sains & Teknologi, Vol. 9, 2008, pp. 165-176.
  6. Rudy S. Wahyudi, “Estimasi sistem orde dua dengan menggu-nakan Perangkat Lunak Matlab”, Jurnal Teknik Elektro Trisakti, vol.1, Nomor.1. Agustus 2010, pp. 17-24.
  7. Sri Kusumadewi, Analisis & Desain Sistem Fuzzy Meggunakan Tool Box Matlab, Graha Ilmu, Yogyakarya, 2002.