2D & 3D Modelling Monumen Bersejarah Yogyakarta sebagai Media Edukasi Interaktif berbasis Virtual Reality

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eriya Eriya
Yesty Desca R.Putri

Abstract

Abstrak - Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan daerah yang kaya akan sejarah. Untuk memperkenalkan beragam peninggalan sejarah yang ada di Kota Yogyakarta dan untuk meningkatkan minat terhadap edukasi sejarah maka diperlukan teknologi yang tepat yaitu dengan menggunakan teknologi Virtual Reality. Berdasarkan permasalahan tersebut, makalah ini bertujuan untuk membuat asset-asset 3D dan 2D dengan menggunakan Adobe Ilustrator dan Blender dan merujuk pada monumen sejarah yang ada di DI Yogyakarta agar terlihat nyata. Aset 2D dan 3D ini akan digunakan sebagai konten dalam media edukasi interaktif monumen bersejarah DI Yogyakarta menggunakan teknologi Virtual Reality, sehingga pengguna dapat melihat monumen-monumen sejarah tersebut secara virtual yang akan memberikan pengalaman yang menarik bagi pengguna aplikasi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Eriya, E., & R.Putri, Y. D. (2018). 2D & 3D Modelling Monumen Bersejarah Yogyakarta sebagai Media Edukasi Interaktif berbasis Virtual Reality. MULTINETICS, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.32722/multinetics.v4i1.1152

References

  1. Ardhianto. Eka, Hadikurniawati. Wiwien, Winarno, Edy. 2012. Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Program Studi Teknik Informatika. Universitas Stikubank.
  2. Anonim. Sejarah Singkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. http://www.pendidikan-diy.go.id/ [23April 2015].
  3. Bayu, I Made. 2012. E-book Adobe Illustrator Chapter 1 Berbagai Sumber. Jakarta
  4. Binanto, Iwan. 2013. Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia. Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Sanata Dharma.
  5. Kurnia, I. 2013. 3D Pupper Making Virtual Museum Using Virtual Museum Virtual Reality Modelling Language 97 (VRML97) As Part Of The Pupper Museum Website: dalam internet; http://library.gunadarma.ac.id, 26-3-2015.
  6. Kutoyo, Sutrisno. 1997. Sejarah daerah - Daerah Istimewa Yogyakarta. Jakarta : Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  7. Lintau, Ephi. (2010). Perbedaan Grafik 3D dan 2D. http://ephi.web.id/ [20 Juli 2014]
  8. Pribadi, Firman. Keraton Yogyakarta Sebagai Akar Budaya Bangsa Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik. Universitas Widya Mataram Yogyakarta; 2014
  9. Setiawati, Ria, Wakidi dan Ekwandari, Yustina Sri. 2014. Minat Belajar Sejarah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
  10. Sihite, B. 2013. Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality. Jurnal Teknik Pomits 2(2) A397-A400.
  11. Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. MEDIA PEMBELAJARAN: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima
  12. UNESCO .2016. Prambanan Temple Compounds. http://whc.unesco.org/en/list/642/. (diakses 19 Januari 2017)