Brosur Apartemen berbasis Android dengan Teknologi Augmented Reality

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Estu Sindu
Andhika Julianto

Abstract

Smartphone android dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sarana untuk mempercepat proses mendapatkan informasi dalam bidang pemesanan sebuah apartemen. Oleh karena itu, dibangunlah sebuah aplikasi berbasis android menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membantu karyawan menampilkan bentuk keseluruhan dari suatu apartemen kepada customer. Aplikasi ini dapat menampilkan detail-detail gedung, fasilitas dan kamar. Objek 3D pada aplikasi dikembangkan menggunakan Blender 3D. Aplikasi ini menggunakan marker Natural Feature Tracking (NFT) yang membutuhkan media cetak yang berbentuk gambar, dalam hal ini sebuah brosur. Pengembangan aplikasi menggunakan Unity dan Android Studio SDK untuk menghasilkan APK yang dapat digunakan pada smartphone android. Pengujian dan implementasi aplikasi ini dilakukan pada PT Louisindo Damai Sejahtera (Apartemen Shinju) dan menghasilkan sinkronisasi gambar 3D dan semua tombol berjalan dengan baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sindu, E., & Julianto, A. (2017). Brosur Apartemen berbasis Android dengan Teknologi Augmented Reality. MULTINETICS, 3(2), 7–11. https://doi.org/10.32722/multinetics.v3i2.1122

References

  1. Apa itu Unity ?
  2. Herman, "hermantolle.com," e-learning class, [Online]. Available: http://www.hermantolle.com/class/docs/unity-3d-game-engine/. [Accessed 02 03 2017].
  3. Apa itu blender (2012)
  4. https://www.blender.org/
  5. Ardiansyah, Firdan (2011). Pengenalan Dasar Android Programming. Depok: Biraynara
  6. Asrori, Achmad (2014). Apa Itu Vuforia?. Diakses pada 14 September 2015.
  7. Tersedia:http://achmad-asrori.blogspot.co.id/2014/03/apa-itu-vuforia.html
  8. Augmented Reality menurut suryawinata , 2010
  9. http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/5863/Bab%202.pdf?sequence=10
  10. Augmented Reality menurut Ronald T. Azuma, 2008
  11. http://e-journal.uajy.ac.id/5157/4/3TF05511.pdf
  12. Chandra, Handi (2000). Buku Dasar-Dasar 3D Studio Max Release 3. Palembang: Laboratorium CAD Universitas Tridianti Pelembang.
  13. MDLC (Multimedia Development Life Cycle) menurut sutopo , 2003
  14. Halaman5. http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/viewFile/246/221
  15. Perancangan Brosur Interaktif berbasis Augmented Reality
  16. http://sinta2.ristekdikti.go.id/index.php?ref=journal&mod=viewjournal&journal=1028&issue=%20Vol%204,%20No%206%20(2015):%20Jurnal%20Teknik%20Elektro%20dan%20Komputer
  17. Pranata Arya, Baskara (2015). Mudah Membuat Game Dan Potensi Finansialnya Dengan Unity 3D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo